Sifat Dapat Diubah ?

26/02/2009

Saya setuju jika ada yang berpendapat bahwa sifat seseorang diturunkan secara genetis dari kedua orang tuanya.

Namun saya juga termasuk pihak yang setuju, jika ada yang berpendapat bahwa sifat seseorang dikemudian hari dapat berubah tergantung dari pola asuh, pendidikan, lingkungan dan pengalaman yang diterimanya dalam proses pertumbuhan.

Mengapa demikian ?

Secara alamiah seseorang tidak bisa menolak perpaduan genetis yang diturunkan dari kedua orang tuanya, namun seiring dengan berjalannya waktu seseorang dapat tumbuh menjadi pribadi yang “unik” tergantung “bagian” sifat mana yang paling banyak distimulir.

Ditahap awal pembentukan pribadi yang “unik” tersebut biasanya seseorang bersifat pasif dan menjadi objek lingkungan sekitarnya (tentu saja…. karena tidak ada seorang bayi yang tiba tiba jadi serba bisa). Jika semua berjalan normal, secara bertahap seseorang tumbuh menjadi aktif dan mulai mengambil posisi subjek.

Namun karena faktor luar seperti pola asuh orang tua, guru, teman main, tetangga, orang asing, situasi adalah hal yang “unik” pula maka hal tersebut berpotensi menstimulir pembentukan sikap dan perilaku ybs. Jika Anda beruntung Anda berada pada lingkungan yang positif dan kondusif.

Pada kasus kasus yang ekstrim seperti perceraian orang tua, dipermalukan teman main, kekerasan dalam rumah tangga, pelecehan seksual dll. ataupun sugesti negatif yang dipupuk terus menerus berpotensi menjadi penyebab utama timbulnya gangguan emosional dikemudian hari seperti kebiasaan buruk, ketergantungan pada benda atau situasi, gangguan orientasi seksual, mudah cemas dsb.

Sering pada kasus kasus gangguan emosional tersebut ybs. secara tidak sadar mengambil posisi korban (objek) dan  pasif. Kalaupun mengambil posisi subjek dan aktif biasanya pilihannya berseberangan dari kelaziman yang ada (mekanisme pertahanan) misal seorang anak yang mengalami pelecehan seksual di masa kecil, di kemudian hari berubah menjadi pemangsa seksual, seorang anak yang takut pada bapaknya menjadi berandalan di luar rumah, suami yang takut dengan istrinya menjadi sangat galak pada bawahannya dsb.

Berita baiknya adalah Anda juga mempunyai hak memilih atau merancang yang terbaik bagi hidup Anda, sehingga jika Anda termasuk seseorang yang merasa gelisah dengan sifat Anda sekarang dan ingin berubah, dengan ataupun tanpa bantuan terapis hal tersebut masih dapat Anda ubah. Note : kecuali yang disebabkan oleh gangguan fungsi, cidera otak, tua, kanker, kelainan genetis dsb.

Siapa yang mengalami juga ? KLIK > http://servoclinic.com/kesaksian/

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 448 pengikut lainnya.