Hasil Ujian Nasional (UN) SMA/MA/SMK 2011

16/05/2011

Hasil Ujian Nasional (UN) SMA/MA/SMK 2011 resmi diumumkan pada hari ini, Senin 16 Mei 2011.

Adapun persentase kelulusan siswa SMA/MA/SMK secara nasional meningkat, seperti di DIY, Sulawesi Tenggara, Jawa Tengah dan Jawa Timur, kecuali propinsi Kalimantan Selatan yang turun 1 persen dibanding 2010.

Peningkatan kelulusan tersebut di duga karena perubahan sistem kelulusan yang mengkombinasikan antara nilai ujian nasional dan ujian sekolah sehingga ujian nasional tidak lagi menjadi momok yang menakutkan dan justru meningkatkan rasa percaya diri siswa dan sekolah (Kompas, 16/5/2011).

Dan yang paling menggembirakan adalah adanya pemahaman yang lebih baik di kalangan Kementerian Pendidikan Nasional bahwa Ujian Nasional hanya merupakan alat ukur dan pemetaan kondisi pendidikan di satu daerah sehingga dana peningkatan kualitas pendidikan justru akan di prioritaskan untuk sekolah yang tingkat kelulusannya rendah.

Jadi yang sesungguhnya sedang diuji bukanlah siswa atau sekolah, melainkan kemampuan Kementerian Pendidikan Nasional/pemerintah dalam menata Pendidikan Nasional apakah dapat meraih hasil sesuai dengan yang diamanatkan dalam UUD 1945 yaitu “mencerdaskan kehidupan bangsa” ?

Lalu, bagaimana dengan penanganan siswa yang belum lulus ?

Bagaimana jika kepada siswa yang belum lulus ujian nasional, tetap diberikan ijasah/sertifikat kepesertaan menyelesaikan pendidikan 3 tahun dan tetap diberi kesempatan mengikuti ujian ulangan guna mendapatkan ijasah/sertifikat kelulusan, tapi harus atas keinginannya sendiri ?

Dengan demikian Insya Allah, di Indonesia tidak ada lagi istilah “siswa yang bodoh” melainkan hanya istilah “cara mendidik yang belum tepat”.

Bravo Kementerian Pendidikan Nasional !

Ingin lebih berprestasi ? Klik > http://servoclinic.com/kesaksian/

About these ads

2 Responses to “Hasil Ujian Nasional (UN) SMA/MA/SMK 2011”

  1. Mr.X Says:

    Om yg SMP gmna?


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 412 pengikut lainnya.