Isu Gempa Jakarta 8,7 SR ?

17/05/2011

Entah apa yang menjadi motivasi Andi Arief, Staf Ahli Presiden bidang Bencana, yang mengatakan bahwa Jakarta diprediksi bakal dilanda gempa hingga 8,7 SR.

Jika hal tersebut dimaksudkan sebagai informasi publik agar masyarakat waspada terhadap gempa, maka pertanyaan yang dapat muncul adalah, apakah isu tersebut merupakan pernyataan resmi pemerintah ? apakah hal tersebut sudah dikoordinasikan dengan lembaga resmi terkait lainnya ? apakah pemerintah daerah sendiri sudah cukup siap mengantisipasi hal tersebut ? apa saja yang harus dilakukan masyarakat jika isu tersebut jadi kenyataan ? dsb.

Namun jika pemerintah sendiri dalam hal ini belum siap, maka informasi “mentah” tersebut tentunya sangat disayangkan, karena dapat menimbulkan kecemasan yang tidak perlu di kalangan masyarakat, bahkan kepanikan.

Bagaimana tidak, karena jika untuk mengurusi hal-hal yang bisa diprediksi seperti banjir, macet dan korupsi saja pemerintah dirasa tidak pernah siap, apalagi terhadap bencana gempa 8,7 SR yang tidak diketahui pasti kapan datangnya.

Bukankah selain beban ekonomi yang semakin menggila, masyarakat awam sendiri saat ini sudah dibanjiri dengan banyak informasi negatif seperti tawuran, perampokan, pemerkosaan, pembunuhan, korupsi, kelaparan dsb.?

Kiranya pemerintah lain kali lebih bijak dalam menyampaikan informasi bencana, lakukan seleksi mana yang sesuai untuk konsumsi publik, mana yang untuk instansi terkait dan jika perlu libatkan pakar komunikasi.

Ingin bebas fobia ? Klik > http://servoclinic.com/kesaksian/

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 601 pengikut lainnya.