Peranan Orang Tua dalam Mendidik Anak ?

06/06/2011

  

Secara alamiah, perilaku orang tua menjadi rujukan pertama bagi seorang anak dalam mempelajari kehidupan.

Melalui keteladanan orang-tua, seorang anak pada tahap awal belajar mengenal perasaannya sendiri seperti rasa malu, rasa takut, rasa marah, perasaan nyaman, perasaan diterima, perasaan dihargai dan secara bertahap melalui interaksi dengan saudara, teman, guru dan lingkungan, mulai belajar mengenal pikirannya sendiri dan orang lain.

Sayangnya seseorang baru belajar menjadi orang tua, pada waktu punya anak sehingga jika ybs. tidak berinisiatif mempelajarinya sendiri maka pola pendidikan yang diterapkan biasanya hanya mengulangi pola sebagaimana orangtuanya membesarkan dirinya. Padahal pola tsb. belum tentu masih sesuai dengan perkembangan masa kini, apalagi jika disertai distorsi seperti hambatan pribadi, tingkat pendidikan yang rendah, pengalaman buruk, masalah ekonomi orang tua, konflik suami istri dsb. 

Itu sebabnya kualitas kebiasaan atau perilaku (baca : kepribadian) orang-tua sehari-hari, keterampilan berkomunikasi orang-tua dan pengetahuan mengenai psikologi anak menjadi penting dan jika perlu secara proaktif mempelajarinya sendiri dari buku, majalah, internet, pelatihan, komunitas parenting ataupun konsultasi ke profesional.

Walau sepertinya mendidik anak terkesan menjadi sangat rumit, namun secara garis besar mendidik anak dapat disederhanakan menjadi :

  1. Orang tua harus dapat memberi teladan yang baik bagi anak anaknya, utamanya pada waktu anak berusia dini.
  2. Orang tua harus secara proaktif menambah sendiri pengetahuan mengenai psikologi anak, psikologi remaja, keterampilan berkomunikasi
  3. Sebagai wujud rasa sayang pada anak, orang tua harus “hadir” pada saat dibutuhkan anaknya  dan tidak ikut campur pada saat tidak dibutuhkan guna memberi kesempatan sianak belajar mandiri
  4. Mendidik anak untuk menjadi pribadi yang berguna bagi orang lain, atau paling tidak berguna bagi dirinya sendiri alias mandiri
  5. Tidak melibatkan anak dalam konflik orang tua, sehingga tidak menimbulkan kebingungan bagi sianak harus berpihak pada siapa. Biarkan sianak tetap memiliki rasa hormat pada kedua orang tuanya.

Dan yang paling penting, agar kita dapat berperan secara maksimal sebagai orang tua, pastikan diri kita terbebas dari hambatan pribadi seperti gangguan kecemasan, kebiasaan buruk, gampang marah sehingga tidak menimbulkan trauma dan mewariskan perilaku buruk kepada buah hati tercinta.

Ingin bebas dari hambatan pribadi ? Klik > http://servoclinic.com/kesaksian/

About these ads

2 Responses to “Peranan Orang Tua dalam Mendidik Anak ?”


  1. Hai… salam kenal ..
    Menarik sekali artikel anda. Saya sangat kagum akan kepedulian anda pada dunia anak-anak. Saya juga punya sebuah blog yang berisikan segala hal tentang dunia anak-anak…
    Lagu Anak
    Pendidikan Kreatif untuk anak
    Tips Parenting (Dari ortu kepada anak)
    Dongeng moral anak..
    Dan masih banyak lagi..
    Silakan kunjungi blog saya…
    Bila berkenan, mari bertukar link..
    Terima kasih

    • Servo Clinic Says:

      Terima kasih bung Zepe.

      Kami memang peduli pada dunia parenting, hanya saja lebih ditekankan pada kesehatan dan kecerdasan emosional orang tua.

      Tentunya dengan senang hati bertukaran link dengan bung Zepe.

      Anda


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 465 pengikut lainnya.