ISO 9000 dan Manajemen Diri ?

31/08/2006

  

“Pada sebuah kapal yang akan tenggelam, maka tikus yang pertama kali terjun kelaut adalah tikus yang bisa berenang”.

Ilustrasi di atas menggambarkan tentang bagaimana pentingnya “sistem” bagi sebuah perusahaan dan “kompetensi” bagi seorang karyawan. Mengapa demikian ?

Perusahaan yang mengabaikan “sistem”, akan ditinggalkan oleh orang orang terbaiknya pada kesempatan pertama, sedang orang orang yang mengabaikan “kompetensi” akan ditinggalkan oleh perusahaan perusahaan terbaiknya juga pada kesempatan pertama.

Perusahaan tentunya akan lebih suka dengan orang “kompeten” yang bekerja cuma dua tahun tetapi kontribusinya keperusahaan jelas, dibanding dengan yang bekerja 15 tahun tetapi kontribusinya tidak jelas dan beresiko menggerogoti perusahaan. Demikian pula dengan para profesional akan lebih suka bekerja total dengan perusahaan dengan sistem yang jelas dibanding perusahaan dengan sistem acak acakan.

Bagi perusahaan yang telah menerapkan ISO 9000 kiranya akan memiliki peluang tumbuh yang lebih baik jika juga memperhatikan aspek pengembangan diri karyawan. Adanya kejelasan job spec dan perencanaan pelatihan berbasis kompetensi di ISO 9000, memberi kesempatan perusahaan memiliki SDM tangguh. Hanya dengan sedikit “sentilan” motivasi tentang betapa pentingnya “ber-inisiatif” bagi kepentingan pribadi karyawan ybs. akan memacu karyawan meningkatkan kompetensinya. Hal ini secara otomatis pula akan menghemat anggaran pelatihan yang cukup significant bagi perusahaan. Bagi karyawan, kebutuhan peningkatan kompetensi lebih dilihat sebagai kepentingan pribadi ketimbang kepentingan perusahaan.

Dengan demikian perusahaan dan karyawan merupakan partner sinergi yang sangat dahsyat. Perusahaan semakin memiliki sistem yang sehat dan karyawan semakin memiliki kompetensi yang baik.

Ingin Cepat Berubah ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s