Motivasi Belajar ?

06/09/2006

  

Tanyakan pada orang orang yang telah berhasil, apapun pekerjaan mereka, “Apa yang membuat mereka berhasil ?” Jawabannya pasti sama yaitu mereka mengetahui apa yang mereka inginkan. Buku buku teori menyebutnya mereka telah memiliki “sasaran”. Penetapan sasaran adalah sangat penting dalam mencapai keberhasilan. Bagi yang sedang dalam proses “pendidikan”, penetapan sasaran membantu mereka “menikmati” proses belajar sebagai suatu hal yang menyenangkan.

Lalu apa motivasi Anda ? Mengapa Anda sekolah ? Jika motivasi Anda sekolah karena sekedar menyenangkan orang tua, Anda akan sulit memotivasi diri sendiri. Memang betul, bisa saja keberhasilan kita karena diiming imingi, seperti “jika kamu lulus kamu akan dibelikan motor” atau diancam “jika  tidak lulus tidak dibelikan motor”.  Tetapi motivasi yang datang dari dalam diri sendiri adalah motivasi yang terbaik !

Sudah tentu kita perlu kecerdasan, pengetahuan dasar, ketrampilan belajar dan keahlian mengelola waktu, akan tetapi jika Anda tidak memiliki motivasi, Anda tidak akan beranjak jauh. Contoh : Anda memiliki sebuah mobil dengan bahan bakar penuh, mesin yang terpelihara, stelan ban yang prima, audio luar biasa serta interior yang indah. Orang lain menyebutnya sebagai mobil dengan potensi yang “luar biasa”. Kemudian duduklah Anda di dalamnya. Sebelum Anda menghidupkan mesin dan menjalankannya, mobil Anda sama sekali tidak berfungsi.

Jadi kuncinya adalah “Motivasi”.

Ada dua cara yang Anda lakukan !

Pertama, pilihlah bidang yang sesuai dengan minat Anda, lalu berprestasilah. Jika Anda merasa sudah memilih bidang yang Anda sukai tetapi Anda “biasa biasa” saja, berarti sasaran tidak betul betul Anda “inginkan”. Kenali sasaran lain dan berprestasilah. Lakukan terus sampai Anda “menemukan” sasaran yang betul betul Anda inginkan.

Kedua, jika Anda berada pada situasi yang tidak memungkinkan Anda membuat pilihan, jangan paksa diri Anda untuk menyukainya. Anda dapat memprogram ulang minat Anda. Setelah Anda memprogram ulang minat Anda, Anda akan dapat menjalaninya dengan sangat menyenangkan sekalipun tidak sesuai dengan minat Anda yang pertama. Hal ini dapat Anda terapkan dalam segala hal, apakah dalam pekerjaan ataupun dalam kehidupan keluarga sehari hari.

Ingin Cepat Berubah ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s