Sabar dalam Menjalani Tantangan ?

09/10/2006

  

Sikap sabar biasanya dihubungkan dengan cobaan, ujian ataupun tantangan.

Dalam ilmu NLP, tantangan termasuk kelompok sesuatu yang “dimiliki” tetapi “tidak diinginkan”. Misal : Seseorang asisten manajer penjualan yang sudah “terbiasa” bermain di target 1 milyar, diberi target baru sebesar 1,5 milyar. Fakta menunjukkan yang bersangkutan sekarang “memiliki” tantangan baru yang “tidak diinginkan” karena target baru tersebut memang sama sekali belum pernah dicapainya.

Disinilah sikap sabar diperlukan !

Jika tantangan tersebut dipersepsikan sebagai “ancaman” maka cara paling mudah adalah dengan mencari alasan “logis” untuk menghindar target tersebut.

Akan tetapi, jika yang bersangkutan ingin “tumbuh”, maka yang bersangkutan harus bersedia merubahnya menjadi sesuatu yang “belum dimiliki” tetapi “diinginkan”. Bayangkan jika hal tersebut merupakan cara perusahaan mempromosikan Anda ke posisi “Manager”.

Saat Anda “menginginkan” target baru tersebut maka diri Anda telah siap untuk melakukan berbagai “ihtiar” agar dapat mencapainya.  Disinilah pemahaman “sabar” mengandung makna sesuatu yang dinamis (ihtiar). Anda dapat berihtiar meningkatkan kompetensi Anda, meningkatkan kualitas perencanaan Anda, mengefisiensikan cara kerja Anda dan memperluas jaringan Anda dsb. 

Dalam Mekanisme Servo, “tantangan” merupakan cara Tuhan untuk menaikkan derajat manusia. Tantangan yang diinginkan akan menimbulkan semangat dan gairah hidup.

Melalui “belajar” dan “praktek” seseorang akan mulai mengenal karakter “tantangan” dan menaklukkannya. Semakin sering belajar dan praktek, seseorang akan berpeluang menemukan “cara” mensikapi persoalan. Dan pada saat seseorang telah menemukan “cara”, maka tidak lagi disebut sebagai tantangan, melainkan “terampil”. Pada titik inilah seseorang akan merasa “nyaman”. Akan tetapi seseorang yang terlalu lama berhenti pada zona nyamannya, akan membuat derajat kemanusiaannya “mandeg” alias “tidak tumbuh”.

Untuk “tumbuh” ke derajat yang lebih tinggi, diperlukan “tantangan” yang baru !

Ingin Cepat Berubah ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s