FOBIA (Phobia) ?

28/02/2007

Fobia adalah ketakutan yang kuat dan abnormal seseorang terhadap suatu objek ataupun situasi tertentu.

Fobia dapat terbentuk oleh sugesti negatif yang dipupuk, rentetan peristiwa yang sangat buruk, menakutkan ataupun menyakitkan dimasa lalu. Semakin ekstrim intensitas peristiwanya, semakin kuat potensi fobianya. Kebanyakan fobia terjadi pada masa kanak kanak walaupun dapat juga terjadi saat dewasa.

Ciri ciri psikis antara lain muncul rasa cemas atau takut, tetapi tanpa dasar yang jelas dan cenderung panik. Ciri fisik antara lain gemetar, nafas menjadi cepat dan jantung berdebar debar.

Bagaimana mekanisme terbentuknya fobia ?

Saat seseorang mengalami rentetan peristiwa buruk (traumatis) ataupun ekstrim, timbul ketegangan luar biasa. Karena tubuh manusia tidak mungkin terus menerus tegang, upaya peredaan ketegangan biasanya dilakukan manusia secara tanpa sadar melalui mekanisme pertahanan diri dengan cara penekanan (repression) gangguan tersebut ke bawah sadar.

Jika seseorang tidak mampu mengatasi peristiwa traumatis tersebut, praktis pertumbuhan normal mentalnya mengalami degradasi ataupun terhenti (fiksasi). Pada peristiwa fiksasi tersebut, mental kita membentuk konfigurasi mental tertentu dan relatif permanen. Dikemudian hari jika terdapat stimulan yang sama atau mirip, maka pola respon yang akan dipakai adalah pola respon yang terakhir dikenal atau biasa disebut regresi.

Pada kebanyakan orang, fobia dianggap tidak penting ataupun mengganggu dirinya. Sesungguhnya Fobia sangat merugikan pertumbuhan normal mental kita dan biasanya kerugian tersebut baru disadari saat semuanya sudah sangat terlambat (kehilangan waktu, kesempatan dan kehidupan sosial).

Apa kerugian yang mengalami Fobia ?

1. Energi mental untuk tumbuh / naik derajat menjadi terkuras karena habis digunakan untuk merespon ujian dengan “cara” yang salah.
2. Berisiko menghambat karir, jika fobia berhubungan dengan produktifitas atau pekerjaan.
3. Mengganggu kehidupan sosial ataupun keluarga.
4. Menjadi “model” atau teladan yang salah bagi bawahan kita, anak anak kita, dalam mensikapi persoalan.
5. Dapat merembet ke fobia lainnya.

Bagaimana cara melepaskan diri dari fobia ?

1. Melawannya secara frontal. Tetapi cara ini tidak disarankan, karena selain “menyakitkan”, jika gagal, beresiko memperparah fobia.
2. Melawan dengan emosi lain yang lebih kuat. Misal : rasa jijik dapat dikalahkan dengan motivasi uang “Fear Factor”. Takut gelap, dikalahkan dengan keinginan menemani pacarnya ketempat gelap ???.
3. Desensitisasi : Berlatih menghadapi sumber fobia secara sengaja dan bertahap.
4. Hypnotherapy / hipno terapi
5. Servotherapy

Dengan Servotherapy, klien di bantu melakukan katarsis (pelepasan ketegangan) dan konfigurasi mental sewaktu mengalami trauma di tata ulang.

Keuntungan dengan Servotherapy antara lain :
– Cepat : lebih singkat dibanding penggunaan tehnik asosiasi bebas (psikoanalisa), cognitive behavior therapy (CBT), dll.
– Efektif : lebih efektif dibanding pengendalian melalui prosedur atau sistim imbalan
– Rasional : bebas mistik dan dapat diterima akal sehat
– Universal : bersifat universal dan telah disesuaikan dengan karakter ke-Timuran sehingga aman terhadap agama, keyakinan, cara berfikir dan budaya yang kita anut
– Aman : bebas dari resiko ketergantungan
– Mudah : tanpa ritual dan syarat tertentu
– Nyaman : memberikan rasa nyaman tanpa menimbulkan perasaan gelisah, kehilangan emosi ataupun rasa sakit tertentu
– Praktis : bekerja secara otomatis dan kenyamanan puncak dapat langsung dirasa
– Reborn : seolah terlahir kembali tanpa merasa menjadi orang lain
– Kerahasiaan Terjamin : kerahasiaan / privacy terjamin
– Permanen : perubahan relatif permanen.
– Manfaat lain : berguna menghilangkan stress dengan cepat (kurang dari 5 menit).

Syarat mengikuti Servoherapy, terapi memang diinginkan oleh yang bersangkutan. Jika terapi dimaksudkan untuk Anggota keluarga, maka tahapan konsultasi “mutlak” harus dilalui, dengan tujuan “mengaktifkan” kebutuhan untuk berubah dan kesediaan menjalani terapi dari ybs. terlebih dulu. Jika dipandang perlu oleh terapis, anggota keluarga terkait harus bersedia diterapi pula.

Siapa yang mengalami juga ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

22 Responses to “FOBIA (Phobia) ?”

  1. Nizarullah Isamail Says:

    Assalamu’alaikum Wr.

    Saya sangat membutuhkan Servotheraphy, tetapi saya tinggal di Banda Aceh dan tidak mempunyai biaya untuk berobat kesana.

    Walaupun saya korban tsunami, tetapi saya belum pernah dapat bantuan apapun.

    Sekarang saya sangat terganggu dengan keadaan trauma saya yang setiap pagi dan sore sering ketakutan gak tau kenapa, dan sangat mengganggu saya untuk mencari kerja, dan kalau saya merasa mau sakit sedikit saja saya dah ketakutan seakan-akan mau sakit berat, dan kalau saya sering baca tentang kesehatan, saya sering takut seakan-akan saya mau sakit yang gituan.

    Dengan ini saya sangat berharap sangat kepada bapak agar sudi kiranya untuk bisa membantu saya dalam mengobati penyakit saya ini.

    Semoga dengan bantuan bapak saya dapat beraktifitas dengan normal kembali.

    Terima kasih atas semuanya.

  2. Yuli Untung S Says:

    Assalamualaikum wr wb

    Nama saya Yuli Untung S, berdomisili di Semarang dan sedang sangat butuh bantuan.

    Saya mempunyai putri yang saat ini berumur 2,5 tahun (lahir dengan bobot 1.7 kg tetapi tidak prematur) dan dia tergolong gizi buruk karena sejak kecil dia trauma baik ketika minum susu bahkan sampai sekarang dia tidak mau makan bubur ataupun yang lain, bahkan melihat bubur saja kadang muntah, setiap malam dia ketakutan dan menangis dan kalau menangis dan tidak bisa dihentikan dia akan muntah sehingga tidak ada makanan sebagai pertumbuhannya.

    Sejak dalam kandungan dan sesudah lahir dia sudah kami bawa kedokter secara rutin bahkan pernah dalam periode beberapa bulan setiap hari harus dibawa kedokter (pernah juga ke osteopathikranium). Mohon informasinya apakah Hipno terapi atau Servo terapi bisa diaplikasikan ke anak kecil (karena tentunya interaksinya tidak seperti orang dewasa).

    Setiap hari menghadapi, melihat penderitaan dia kami sebagai orangtua sangat menderita, cemas, takut berbuat kesalahan.

    Kami mohon bantuannya.

    • Servo Clinic Says:

      Bu Yuli yang sayang Anak.

      Sebaiknya putri Ibu tetap dibawah pengawasan Dokter Anak, guna memastikan tidak adanya gangguan medis / klinis seperti gangguan pertumbuhan, disfungsi organ dsb.

      Hipnoterapi baru efektif jika klien telah dapat berkomunikasi / berinteraksi dengan terapis. Untuk anak usia 2,5 tahun, hipnoterapi dapat dilakukan sendiri oleh orang tua ybs.

      Dari aspek pertumbuhan emosi putri tercinta, bu Yuli dapat lakukan terapi elusan di daerah bahu, punggung serta tepukan lembut di paha serta pantat.

      Semakin sering dipeluk hangat, dielus disertai sugesti positif semakin baik.

      1. Sebut nama kesayangannya
      2. Bentuk kata positif, katakan “sehat” bukan “tidak / jangan sakit”
      3. Jika berupa pilihan mental, susun kalimat dalam bentuk present (bentuk sekarang), tanpa kata “akan”
      4. Ulangi sebanyak mungkin.

      Misal :
      – Putri membuang ketakutan Putri mulai sekarang.
      – Sekarang, Putri dapat mengendalikan makan Putri.
      – Putri mengizinkan tumbuh sehat, Sekarang.
      – Mulai sekarang, putri membuang rasa cemas Putri.
      – Semakin hari putri semakin sehat.
      – dsb.

      Manfaatkan waktu “emas” pemrograman : menjelang tidur, menjelang bangun tidur ataupun saat tidur tidur ayam. Perhatikan di daerah kelopak matanya, pada saat tsb. akan timbul reflek halus.

      Sertai alunan musik instrumen lembut ataupun alunan Al Qur’an.

      Semoga membantu.

  3. ratna Says:

    Bapak Isywara, saya merasa ada harapan untuk normal kembali setelah menemukan website ini.

    Saya ingin berobat tapi saya tinggal di Bontang, Kalimantan Timur. kalau melewati fasilitas Yahoo Messenger bagaimana caranya ? Terima kasih.

    Tolong saya pak, setiap hari saya merasa selalu menunggu kematian. Saat saya melawan ketakutan kadang saya merasa tidak bisa bernapas dan itu membuat saya panik.

    Tolong saya ya pak.

    • Servo Clinic Says:

      Saat ini mbak Ratna telah kami daftarkan via Yahoo Messengger (YM).

      Silahkan buka YM mbak Ratna dan aktifkan.

      • tuniyah Says:

        pak sy jg pgn terapi melalui ym bisa ga ya pak?
        sy takut kematian sdh lebih dr setengah tahun sy sangat terganggu dan tersiksa pak bahkan sy jg pernah merasakan takut gila.
        terima kasih ats bantuannya pak?

      • Servo Clinic Says:

        Silahkan hubung SERVO Clinic.

  4. arbay Says:

    Assalamualaikum wr.wb.

    Alhamdulillah, setelah mencari mencari bantuan ke sana kemari selama kurang lebih 7 bulan akhirnya saya menemukan website Bapak Isywara ini.

    Semoga ini jalan yang Allah SWT tunjukkan kepada saya yang selalu saya panjatkan setiap kali saya berdoa.

    Bapak Isywara, saya mengalami hal yang sama dgn mbak Ratna. Saat ini saya selalu dihantui bahwa saya akan mati.

    Saya tidak bisa melakukan aktifitas apapun lagi. Anak-anak terbengkalai, bahkan suami saya pun mulai marah melihat keadaan saya.

    Tolong saya, pak. Saya ingin sembuh, saya ingin seperti dulu lagi.

    Saya tinggal di Samarinda, Kalimantan Timur. saya ingin lewat Yahoo Mesenger.

    Saya tunggu bantuan bapak. Terimakasih.

  5. ZEE Says:

    Tolong saya,……..setiap saya ngomong di hadapan orang banyak kenapa,….seluruh badan saya merasakan, kegemetaran……..

    Tolong kasih solusi ini aku pengen ngilanginnya,…….

  6. didi Says:

    Bapak Isywara, umur saya sekarang 26.

    Saya punya keluhan setiap kali saya berbicara ato bahkan hanya membaca teks di hadapan orang banyak, saya selalu ketakutan, jantung berdetak kencang sekali, nafas ga beraturan, gemetaran, dan kadang sampe merasa seperti tercekik…hingga kata2 saya jadi kacau balau, suara saya bergetar2, kadang sampe ga bisa mengeluarkan kata2 lagi.

    Hal ini saya rasakan sejak saya masih kecil dan sangat mengganggu sekali dalam kehidupan saya, saya sangat malu sekali dengan keadaan saya ini…

    Lebih ironis lagi, saya sengaja putus kuliah gara2 masalah saya ini, saya ga sanggup kalo ada tugas2 presentasi di perkuliahan…. saya sampe merasa kalo saya konyol banget. Masalah yg sepele tapi berakibat besar…

    Tolong saya pak, saya berlokasi di Madiun, apa bisa via YM aja ?

    Thanks.

  7. Fahrul Says:

    Bapak Isywara,

    Ass.wr.wb.

    Saya ada masalah tentang phobia.

    Saya mempunyai avio phobia / ketakutan dalam naik pesawat sedangkan ironisnya pekerjaan saya seringkali setiap 5 minggu harus bepergian ke luar negeri dengan pesawat.

    Kira2 gimana pak, bs ga penyakit aviophobia saya disembuhkan?

    Saya berada di Mlg tapi saya bisa ke Tangerang untuk ke tempat praktek bapak. Terima Kasih.

    Wassalam.

  8. Rahma Tubagus Says:

    Yth Klinik Servo,
    Saya mengalami insomnia yang berakibat saya harus minum obat tidur setiap hari untuk bisa tidur. Saya tinggal di Samarinda dan hanya bisa berhubungan dengan telepon(HP), dapatkah saya dibantu melalui telepon(HP)?
    Mohon penjelasan Bapak


  9. Saya sering gugup ketika sy ingin menyampaikan sesuatu kepada orang lain gimana solusinya/jln keluar bsa keluar masalah ini apalagi udah usia kepala 2 tapi belum ada kerja sy masih nganggur & sy memiliki keahlian bsa menjahit/komputer tapi sy uda berusaha mencari pengalaman kerja tapi d tolak gara2 penampilan sy d sindir masalah jalan seperti nenek sy pernah dibilang tetangga kuper gimana solusinya supaya sy membuktikan kpada mereka.

    • Servo Clinic Says:

      Orang sering terbalik, menunggu rasa percaya diri dulu, baru berinteraksi dengan orang lain.

      Padahal rasa percaya diri justru terbentuk saat kita semakin sering berinteraksi dengan orang lain.

      Sebaiknya diterapi !


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s