Rasa Takut ?

08/03/2007

Rasa takut atau rasa khawatir sejauh terkendali, sebenarnya baik. Rasa takut, merupakan alarm tubuh terhadap bahaya disekitar kita. Secara otomatis kadar adrenalin meningkat dan pola bernafas menjadi lebih cepat.

Rasa takut menjadi buruk jika suatu respon takut terbentuk tetapi tidak berhubungan dengan ancaman nyata apapun. Prasangka buruk termasuk salah satu bentuk ketakutan yang negatif dan dapat berkembang lebih buruk menjadi paranoia.

Manifestasi rasa takut dapat tampil dalam berbagai bentuk seperti takut gagal, takut menjual, takut sakit, takut mati, takut ditolak, takut serangga, takut ruangan sempit dsb.

Sekalipun rasa takut yang tidak beralasan dapat kita lawan ataupun kita tekan akan tetapi jika berhubungan dengan produktifitas ataupun pekerjaan akan menurunkan performa dari yang seharusnya dapat kita capai.

Biasanya rasa takut bersifat sangat pribadi dan oleh yang bersangkutan disimpan sangat rapih sehingga tidak diketahui secara visual oleh orang orang disekitarnya.

“Hambatan tersembunyi” seperti inilah yang sekarang sudah mulai dikenali oleh HRD manager perusahaan yang sangat peduli terhadap produktifitas karyawannya. Jika perusahaan bermaksud memfasilitasi “treatment” terhadap Hambatan Psikis ataupun Hambatan Sukses karyawan seperti Fobia Lift, Takut Presentasi, Fobia Naik Pesawat, pastikan program tsb. dilakukan secara sukarela.

Jika “pemrograman diri dan prestasi” mau dijadikan sebagai program perusahaan, timing yang paling efektif adalah waktu proses rekrutmen ataupun saat promosi jabatan ybs. Namun demikian waktu lain seperti family gathering, rapat anggaran, liburan akhir tahun tetap dapat dimanfaatkan.

Ingin Bebas Takut ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/mudah-panik/

Iklan

10 Responses to “Rasa Takut ?”

  1. A A PT GEDE EKA PUTRA Says:

    Bapak yang terhormat :

    Saya bernama Agung.

    Saya ingin mengatasi pemasalahan rasa takut saya yang saya tidak saya ketahui, baik itu di tempat kerja maupun di rumah kadang2.

    Yang sering rasa takut itu timbul adalah di tempat kerja saya. Saya tidak bisa mengelola rasa takut tersebut.

    Tolonglah saya biar rasa percaya diri saya bangkit dan produktifitas kerja saya semakin baik, dan di keluarga juga begitu.

    Sebelum berkeluarga saya merasa orang yang percaya diri sekarang saya menjadi orang yang tidak percaya diri.

    Agung

  2. muhammad Isa Says:

    Bapak yang terhormat.

    Saya bernama Isa

    Saya ingin mengatasi permasalahan rasa takut saya dalam menghadapi orang terutama terhadap wanita dan bagaimana cara mengatasinya.

    Terima kasih atas jawabannya.

  3. Ika Says:

    Dear Pak

    Saya mohon bantuannya , karena sudah beberapa bulan ini saya selalu dihantui perasaan takut. Pikiran saya setiap hari tertuju ke hal2 seperti orang yg akan meninggal.

    Saya sudah coba menghilangkan perasaan itu, tapi sulit sekali utk dihilangkan.. Apalagi setelah saya membaca situs; ttg gejala orang yg akan meninggal, saya jadi ikut merasakannya.

    Mohon sekali bantuannya.

  4. Nancy Says:

    Pak Isywara,

    Saya sudah menikah beberapa bulan, tapi sampe sekarang masih perawan, karna saya selalu ketakutan setengah mati.

    Saya sedih sekali dengan keadaan saya pak, apa yg harus saya lakukan ?

    Trimakasih banyak untuk bantuannya.

  5. Anton Says:

    Bapak Yang Terhormat.

    Beberapa hari ini saya mengalami rasa takut yang sangat mengganggu aktivitas saya. saya menjadi berpikiran negatif tentang banyak hal.

    padahal dulunya saya orang yang berpikiran positif dan orang yang santai.

    saya sangat tersiksa karena saya terus berdebar-debar dan takut akan penyakit-penyakit yang sebenarnya tak mungkin ada ditubuh saya.

    bagaimana cara mengatasi hal ini pak?

    sebelumnya saya mengucapkan terima kasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s