4 Pemahaman yang Salah Tentang Hypnosis ?

19/03/2007

1. Hipnotis sama-dengan Mistik / Menggunakan Jin ?

Hipnotis sama sekali bukan mistik. Hipnotis hanyalah peristiwa komunikasi biasa. Dasar bekerjanya adalah kepercayaan. Setiap manusia didalam merespon sebuah stimulus biasanya menggunakan 2 kombinasi reseptor yaitu nalar dan naluri. Situasi yang mungkin muncul adalah :

Semakin singkat waktu yang tersedia maka persentasi porsi nalar yang digunakan semakin kecil. Misal pada waktu seseorang merespon bahaya kebakaran, maka respon nalurinya adalah lari, sementara nalar yang digunakan sangat kecil. Tetapi pada waktu latihan kebakaran maka nalarnya mengatakan ini hanya sebuah latihan, sehingga instingnya gantian yang tidak bekerja.

Semakin dikenal sumber stimulus-nya maka semakin kecil nalar yang akan digunakan. Contoh : pada waktu kita mendatangi seorang dokter maka kita tidak pernah menanyakan bukti lulus dokternya. Padahal jika yang menggunakan jas putih dokter dan stetoskopnya adalah asistennya, kita akan tetap percaya bahwa orang yang didepan kita adalah seorang dokter.
Semakin superior sumber stimulusnya semakin kecil nalar yang digunakan. Contoh : Jika atasan melakukan kesalahan disebut kebijaksanaan, namun jika yang melakukan kesalah adalah bawahan maka disebut sebagai kebodohan.
Seseorang yang sudah berada dibawah pengaruh hypnosis biasanya sudah terjebak pada suatu alur mental, bentuknya bisa rasa takut, tidak berdaya, terpesona, terkesima, terkagum kagum, percaya, dsb. Jadi apa yang ditampilkan di TV sebetulnya suatu keadaan dimana seseorang sudah terperangkap dalam suatu alur mental tertentu. Contoh, kita tidak pernah berani menegur mertua walaupun belum tentu mertua benar. Atau semua yang dikatakan guru dianggap selalu benar. Seorang pemimpin agama pasti tidak akan berbohong dsb. Seseorang sulit menghentikan kebiasaan merokok waktu terjebak pada suatu nilai, dengan merokok pikirannya menjadi lebih rileks.

2. Hipnotis menggunakan Mantera / Jimat ?

Pada waktu proses hypnosis berlangsung, memang ada penghipnotis yang menggunakan alat alat tertentu tetapi fungsinya hanya sebagai alat bantu. Walaupun tidak menggunakan alat bantu tersebut hipnotis tetap dapat berlangsung demikian pula halnya dengan mantera, symbol dsb. Alat alat tsb. berguna al. untuk

Membantu memusatkan perhatian. Agar pada satu waktu hanya ada satu perhatian. Contoh : Bandul, Jari telunjuk, Cahaya lilin, Spiral hypnosis dsb.
Sebagai anchor atau cantolan mental. Bawah sadar lebih mudah memvisualisasikan sesuatu yang konkrit seperti warna, benda, symbol, kata kata dsb. Sehingga sesuatu nilai yang diinginkan lebih mudah difahami bawah sadar jika dihubungkan dengan citra tertentu. Dengan demikian kita bisa menggunakan alat apapun, kata kata apapun, symbol apapun untuk menjadi cantolan. Bisa sepatu, nama benda, keris, abrakadabra, sim salabim, logo, isim, pesawat terbang, kursi, warna karpet, gerakan dsb. Jadi benda benda itu semua sama sekali tidak memiliki kesaktian apapun. Maka beruntunglah orang yang tidak melakukan syirik.

3. Hipnotis perlu Puasa ?

Laku ataupun Puasa yang biasa dilakukan oleh petapa petapa jaman dulu untuk mendapatkan kesaktian adalah bentuk lain latihan mempraktekkan hypnosis sesering mungkin. Semua itu hanyalah sarana agar sipelaku mendapatkan keyakinan yang haqul yakin bahwa dia dapat melakukan sesuatu seperti yang dia inginkan. Keyakinan tsb. dalam istilah hypnosis biasa disebut klik mental. Seseorang yang telah mampu mengendalikan dirinya akan dengan mudah menemukan klik mental seorang suyet ataupun dirinya.

4. Hipnotis berbeda dengan Gendam ?

Sebetulnya sami mawon. Kalau berbeda tentu hasilnya berbeda. Yang membedakannya adalah tujuan penggunaan. Gendam banyak digunakan untuk tujuan kejahatan. Gendam menggunakan teknik yang sama dengan teknik yang lazim digunakan dalam stage hypnosis seperti yang sering dipakai dalam seni pertunjukan. Efek yang dimanfaatkan adalah efek shock. Seseorang jika dalam keadaan shock / bingung biasanya gelombang otaknya menjadi terganggu. Dalam hitungan detik, jika ada seseorang yang memandu, maka perintahnya akan serta merta diikuti. Akan tetapi stage hypnosis biasanya hanya efektif diawal, dan berikutnya suyet menjadi lebih waspada.

Siapa yang mengalami juga ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

10 Responses to “4 Pemahaman yang Salah Tentang Hypnosis ?”

  1. Tom Says:

    Saya umur 23 tahun.

    Saya merasa problem2 yang ada pada diri saya seperi kurang percaya diri, susah bersosialiasi, anxiety disebabkan karena kurangnya atau tidak adanya self-acceptance pada diri saya.

    Mungkinkah dengan hipnoterapi yang dapat berinteraksi dengan alam bawah sadar dapat membantu saya menerima diri apa adanya ?

  2. Kiki Says:

    Saya umur 24 tahun.

    Sudah 1 bulan saya kena insomnia. Sebenarnya saya tidak pernah kesulitan tidur. Kenapa saya susah tidur padahal badan sudah capek.

    Apakah dengan hipnoterapi insomnia saya bisa hilang permanen ?

  3. arif Says:

    1. Hipnotis dipandang dari sudut agama, haramkah ?
    2. Hypnoterapi apakah dapat menimbulkan trauma kembali, bagi korban yang pernah terkena hipnotis?
    3. Apakah dapat berkata sebenarnya (jujur) orang yang menjalani hypnoterapi ?

    • Servo Clinic Says:

      1. Saya tidak dalam kapasitas untuk mengatakan hypnosis itu halal atau haram. Pendapat saya pribadi, hypnosis merupakan alat komunikasi yang efektif dalam mempengaruhi orang lain dan apakah bermanfaat atau membawa mudharat tergantung dari tujuan penggunaan.
      2. Hypnotherapy adalah hypnosis yang digunakan untuk tujuan terapi. Manfaatnya antara lain untuk menghilangkan fobia, kebiasaan buruk, kecanduan, gangguan kecemasan, depresi, trauma psikis termasuk trauma karena pernah di hipnotis (gendam).
      3. Hypnosis tidak bekerja apabila tidak diijinkan oleh orang yang dihipnotis, sehingga bila orang yang menjalani hipnoterapi sejak awal berniat untuk tidak jujur maka jawabannya akan tidak jujur pula. Tetapi untuk apa dia berbohong jika setelah itu dia harus membayar terapis ?

  4. Marthin Says:

    Ass Wr Wb..

    Saya terkena psikosomatis sejak awal Januari kemarin.

    Tadinya tdk ada apa2 dgn mental saya, tetapi baru2 ini jika saya melihat wanita sexy atau yg membuat saya tertarik, saya pasti langsung lemas dan mental saya sangat lemah sekali, serta jantung saya berdebar tidak karuan..

    Saya sudah baca sdikit tentang hipnosis dan pikiran alam bawah sadar, saya sudah coba mengendalikan pikiran alam bawah sadar saya, tetapi tetap saja agak sedikit sulit..

    Apakah servoterapi ini bsa memprogram saya menjadi normal kembali, serta menghancurkan pikiran pornografi dan pikiran negatif di pikiran alam bawah sadar saya, agar saya bsa normal melihat wanita lagi..

    Boleh saya tahu email Bapak ? Jika boleh,tolong beritahukan lewat email saya..

    Terima Kasih..

    • Servo Clinic Says:

      Upaya berubah yang berulang kali gagal kemungkinan disebabkan oleh adanya emosi yang terkunci (fiksasi) terhadap peristiwa sangat menyakitkan / menyenangkan di masa lalu.

      Untuk membebaskan emosi yang terkunci tsb. memang harus di terapi.

      Saat ini Anda sudah kami undang via YM, atau silahkan hubungi sekretariat SERVO di (021) 5574 5555.

  5. eko budi r Says:

    sy 35 thn,sdh 2thn sy skit,kata org pinter sy kna santet, kluar beling,kawat,kt dkter Psikosomatis,bs smbh permanen ga p

    • Servo Clinic Says:

      Kebetulan saya memiliki banyak teman yang dulunya berpraktek sebagai dukun/orang pintar.

      Mereka berterus terang jika hal tersebut lebih merupakan trik sulap / rekayasa agar terbangun keyakinan dalam diri pasien bahwa dirinya benar benar sedang di “kerjain” oleh orang lain dan percaya kalau orang pintar tsb. benar benar sakti.

      Adapun psikosomatis yang Anda alami merupakan gangguan emosi yang muncul dalam bentuk gangguan fisik. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh adanya emosi yang terkunci akibat pengalaman buruk di masa lalu, pola asuh yang keliru, masalah yang tidak selesai dsb.

      Jika “duri emosi” yang menjadi akar masalahnya dapat di cabut, biasanya sembuh permanen.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s