Corporate Culture ?

12/05/2007

Budaya Perusahaan adalah kualitas sistem sebuah perusahaan (Isywara Mahendratto).

Budaya perusahaan bersifat unik, abstrak namun dinamis tergantung dari visi dan misi kepemimpinan, pola interaksi antar fungsi (sistem) di perusahaan serta kecerdasan sikap karyawannya.

Menurut pendapat saya pribadi budaya tidak dapat di ukur secara kuantitatif karena merupakan spirit dari sebuah sistem.

Kejelasan visi dan misi kepemimpinan akan sangat menentukan ke arah mana perusahaan akan dibawa. Demikian pula kepiawaian kepemimpinan dalam menghargai keunikan masing masing fungsi sekaligus mengharmonisasikannya dalam sebuah orkestra pertumbuhan.

Pola interaksi antar fungsi (sistem) akan menentukan apakah sistem mengikuti siklus tumbuh atau sebaliknya menjadi uzur. Model sistem yang paling mudah difahami adalah model S.E.R.V.O dimana setiap fungsi memiliki sikap pengayom sekaligus pengendali fungsi lainnya namun secara bersamaan diasuh dan dikontrol oleh fungsi lainnya.

Standarisasi sistem manajemen ISO 9000 hanya mengatur tentang “apa” saja yang harus dipenuhi perusahaan sebagai sebuah sistem, itupun melalui pendekatan proses serta peningkatan mutu yang terus menerus. Tetapi seberapa cepat perusahaan akan tumbuh (atau uzur), tetap ditentukan oleh seberapa jauh visi dan misi perusahaan dihayati oleh seluruh karyawan (internalisasi).

Sedang kecerdasan sikap karyawannya akan menentukan kualitas sikap kerja karyawannya. Kecerdasan sikap tersebut meliputi kompetensi, kreatifitas, team-work, penuh semangat / optimis, perilaku produktif, bermental tumbuh, berkarya dengan hati, beremosi cerdas (EQ), berorientasi pada tujuan, bermotif prestasi, berpikir kualitas, bersikap positif dsb.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh pakar Harvard Business School, yaitu Prof. DR. John Kottler dan Prof. DR. Janes Heskett, ternyata terdapat korelasi positif di antara penerapan budaya perusahaan dengan prestasi bisnis yang dicapai oleh perusahaan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Bagaimana dengan budaya perusahaan Anda ?

Siapa yang mengalami juga ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

6 Responses to “Corporate Culture ?”

  1. Bobby Meidrie Levianto Says:

    Gud artikel.

    Tambahan dari saya… Corporate Culture sangat utama! sehingga apabila Corporate Culture sudah terbentuk, baru Visi dan Misi perusahaan akan lebih dapat terlihat secara nyata bentuk dan pencapain target yang bisa dicapai.

    Salam kenal,

    BEst,
    Bobby Meidrie Levianto

  2. Ardhy Says:

    Artikel yang cukup menarik.

    Menurut saya, Corporate culture merupakan salah satu bentuk implementation strategy, yang didahului oleh formulation strategy. Top-down management menentukan terlebih dahulu business model perusahaan, setelah itu dirumuskan visi dan misi perusahaan.

    Setelah visi dan misi terbentuk, dirumuskan corporate strategy (yang biasanya menggunakan matrix SWOT). Corporate strategy yang sudah ada di drill down ke business strategy (yang biasanya menggunakan Balanced Scorecard).

    Berangkat dari business strategy yang dijabarkan ke dalam fungsional strategy (strategi tiap-tiap department), dapat dirancang struktur organisasi yang sesuai.

    Bila struktur organisasi yang disertai corporate KPI dan employees’ KPI tersebut sudah dijalankan dengan baik, maka dapat terlihat corporate culture yang diinginkan oleh pimpinan perusahaan.

    Nah, disinilah pentingnya komitmen top-down management untuk tetap menjaga core values dari corporate culture yang diinginkan.

    Jadi saya sependapat mengenai ulasan yang ada di dalam artikel paragrap kedua.

    Terima kasih,
    Salam kenal,

    Ardhy

  3. Edison Pardomuan Says:

    Dalam pembahasan Bpk Isywara Mahendratto mengenai artikel : Corporate Culture mmng penting utk sebuah perusahaan

  4. David Says:

    Sebuah artikel yang oke banget

    Memang benar, bagaimanapun corporate culture membawa makna positif bagi perusahaan dan karyawannya.
    Sayang kayaknya belum semua perusahaan menerapkannya….

    terima kasih
    Salam kenal,

    David


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s