Takut yang Mengganggu Keintiman Seksual ?

28/04/2008

  

  1. Rasa takut akan keintiman. Bagi sebagian orang, keintiman dihubungkan dengan kenangan lama orang tua yang terlalu protektif atau terlibat. Mereka mungkin secara tidak disadari percaya bahwa mereka akan kehilangan identitasnya sendiri jika mereka menjadi terlalu dekat dengan suami/istrinya sendiri. Dan mereka juga yakin bahwa tuntutan pasangannya akan menjadi terlalu banyak jika mereka terlalu dekat. Orang yang takut kepada keintiman melindungi dirinya sendiri secara emosional bukannya mnjadi rentan.
  2. Rasa takut ditolak. Pria seringkali merasa takut ditertawakan kemampuan seksualnya, terutama jika mereka mengalami kegagalan potensi seksual. Wanita biasanya merasa takut diabaikan. Pria dan wanita kadang kadang merasa takut bahwa pasangannya akan menolak dirinya “jika mereka mengetahui yang sesungguhnya tentang diri saya.” Mereka menyensor perkataan dan pikirannya untuk melindungi diri sendiri dari penolakan.
  3. Rasa takut kehilangan kendali. Sebagian orang mempertahankan pengendalian dirinya karena mereka takut kehilangan dirinya dalam nafsu. Mereka bahkan takut tentang bagaimana mereka akan terlihat dan bertindak jika mereka mengalami rangsangan seksual yang kuat. Orang lain merasa takut kehilangan kekuatannya atas pasangannya, jika mereka menyerah. Apapun motif dasarnya, orang itu juga menahan seksualitasnya.

Beberapa petunjuk untuk mengatasi rasa takut :

  • Kenali rasa takut
  • Ceritakan kepada pasangan Anda
  • Hadapi rasa takut Anda dan jangan menghindarinya
  • Bicara kepada diri Anda sebelum, selama atau setelah bertemu rasa takut. Jangan biarkan kisah lama berlanjut. Kembangkan penjelasan yang baru dan lebih nyata.

Sumber : Secrets of Better Sex, Joel D. Block, Ph.D., 1997.

Ingin Bebas Takut ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/gangguan-seksual/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s