Kampanye Anti Narkoba ?

20/07/2009

Statistik menunjukkan, kasus tindak pidana yang berkaitan dengan narkoba dari tahun ketahun cenderung meningkat.

Tidak sedikit upaya pencegahan mulai dari artikel yang menyajikan statistik terkait narkoba, poster poster bahaya narkoba, penyuluhan, seminar ke sekolah sekolah dan pentas musik, namun anehnya penggunaannya terus meningkat.

Mengapa dirasa masih kurang efektif ?

Hal tersebut dapat disebabkan oleh adanya perbedaan “bahasa” antara para juru kampanye anti narkoba dengan calon pengguna narkoba itu sendiri :

1. Penggunaan angka statistik, penyuluhan, seminar biasanya hanya menggelitik sesaat “otak kiri” remaja dan tidak meninggalkan kesan yang mendalam pada EMOSI remaja seperti fobia pada narkoba, benci pada musang berbulu ayam (baca : bandar) dsb.

2. Resiko hukuman badan / pidana masih bersifat ANCAMAN dan belum bersifat SEKARANG, sementara penggunaan narkoba memberikan KENIKMATAN yang bersifat SEKARANG, sehingga lebih berkesan.

Untuk itu akan sangat efektif jika kampanye anti narkoba menggunakan “bahasa” yang sama dengan bahasa para pengguna narkoba yaitu MENGEJAR hal hal yang membuat dirinya nyaman dan MENGHINDARI hal hal yang membuat dirinya merasa gelisah.

Caranya : tayangkan sebanyak mungkin video yang menggambarkan secara nyata, para pecandu yang lagi SAKAU di televisi, seminar seminar, penyuluhan, sehingga terlihat secara jelas teriakan, tubuh gemetar, terkapar karena menahan sakit.

Sajikan semuanya dalam bentuk gambar paling dramatis, close up, stereo, full colour sehingga menimbulkan efek traumatik (fobia) terhadap narkoba, jauh jauh hari sebelum para remaja mengenal narkoba.

Setuju ?

Siapa yang mengalami juga ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s