Fungsi Pelestarian ?

30/11/2009

Teori “Pelestarian dan Perlindungan” menyatakan bahwa tidur menjalankan sebuah fungsi adaptif.

Tidur melindungi binatang selama bagian yang terjaga dari 24-jam sehari dan karena berkeliaran, akan menempatkan individu pada risiko terbesar. [46] Organisme tidak memerlukan 24 jam untuk makan dan memenuhi kebutuhan lainnya. Dari perspektif adaptasi ini, organisme lebih aman dengan tetap keluar dari bahaya, di mana mereka berpotensi dimangsa oleh yang lain, organisme yang lebih kuat. Mereka tidur di waktu yang memaksimalkan keselamatan mereka, mengingat kemampuan fisik dan habitat mereka. (Allison & Cicchetti, 1976; Webb, 1982).

Namun, teori ini gagal untuk menjelaskan mengapa otak dimatikan dari lingkungan eksternal saat tidur normal. Argumen lain terhadap teori tsb. adalah bahwa tidur tidak sesederhana sebagai konsekuensi pasif menghapus binatang dari lingkungan, tetapi merupakan “drive”; binatang mengubah perilaku mereka untuk memperoleh tidur.

Oleh karena itu, pengaturan sirkadian lebih dari cukup untuk menjelaskan periode kegiatan dan ketenangan yang adaptif suatu organisme, tetapi spesialisasi yang lebih aneh dari tidur mungkin berbeda dan untuk fungsi yang tidak diketahui. Selain itu, teori pelestarian tidak menjelaskan mengapa karnivora seperti singa, yang berada di puncak rantai makanan, paling banyak tidur. Dengan logika pelestarian, karnivora papan atas tersebut seharusnya tidak perlu tidur sama sekali.

Pelestarian juga tidak menjelaskan mengapa mamalia air, tidur sambil bergerak. Ketenangan selama jam rentan ini akan melakukan hal yang sama dan akan lebih menguntungkan, karena binatang akan tetap mampu merespons tantangan lingkungan hidup seperti predator, dll. Pemulihan tidur yang terjadi setelah malam kurang tidur akan maladaptive, tapi nyatanya harus terjadi untuk sebuah alasan.

Seekor zebra yang rentan terhadap predator menghabiskan waktu tidurnya, tertidur lebih, sehari tidak kurang, setelah menghindar dari kejaran singa.

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Sleep

Ingin bebas insomnia ? Klik >  https://servoclinic.com/kesaksian/susah-tidur/

 

Iklan

One Response to “Fungsi Pelestarian ?”

  1. Rudy T. Says:

    Trims atas infonya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s