Fungsi Pengolahan Memori ?

30/11/2009

Informasi lebih lanjut: Tidur dan belajar dan Tidur dan kreativitas

Para ilmuwan telah menunjukkan berbagai cara di mana tidur berhubungan dengan memori. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Turner, Drummond, Salamat, dan Brown, [41] ditunjukkan bahwa kerja memori dipengaruhi oleh kurang tidur. Kerja memori adalah penting karena menjaga informasi terus aktif untuk pemrosesan lebih lanjut dan mendukung fungsi kognitif-level yang lebih tinggi, seperti pengambilan keputusan, penalaran, dan memori episodik.

Studi diikuti 18 perempuan dan 22 laki-laki, hanya untuk tidur 26 menit per malam selama empat hari. Awalnya, subyek diberikan tes kognitif dengan istirahat yang cukup, kemudian diuji lagi dua kali sehari selama kurang tidur empat hari. Pada tes terakhir, jangkauan rata-rata kerja memori dari kelompok kekurangan tidur telah turun 38% dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Tampaknya memori dipengaruhi secara berbeda oleh tahap tertentu dari tidur seperti REM dan tidur gelombang lambat (SWS). Dalam sebuah penelitian yang dikutip dari Born, Rasch, dan Gais, [42] berbagai kelompok subjek manusia digunakan: kelompok kontrol terjaga dan kelompok uji tidur.

Kelompok tidur dan terjaga diajarkan sebuah tugas dan kemudian dilakukan pengujian, baik pada awal dan akhir malam, dengan keseimbangan malam di seluruh peserta. Ketika otak subyek di-scan selama tidur, hypnograms mengungkapkan bahwa SWS adalah tahap tidur dominan pada awal malam, mewakili sekitar 23% dari rata-rata aktifitas tahap tidur.

Kelompok uji malam yang dilakukan lebih awal, 16% lebih baik pada uji memori deklaratif daripada kelompok kontrol. Selama tidur larut malam, REM menjadi tahap tidur paling aktif, sekitar 24%, dan kelompok uji yang dilakukan larut malam, 25% lebih baik pada uji memori prosedural daripada kelompok kontrol.

Hal ini menunjukkan bahwa manfaat memori prosedural, dari tidur yang lambat, tidur yang kaya-REM, sedangkan keuntungan memori deklaratif dari tidur yang awal, tidur yang kaya-SWS.

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Sleep

Ingin bebas insomnia ? Klik >  https://servoclinic.com/kesaksian/susah-tidur/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s