Tidur pada Non-Manusia ?

01/12/2009

Gambar : Monyet Jepang tidur
Artikel utama: Sleep (non-manusia)

Banyak hewan tidur, tapi keadaan tidur neurologis sulit untuk mendefinisikan tidur pada hewan yang tingkatannya lebih rendah. Pada hewan ini, tidur didefinisikan menggunakan karakteristik perilaku seperti gerakan minimal, tipe postur spesies, dan pengurangan tanggapan terhadap rangsangan eksternal.

Tidur, cepat reversibel, sebagai lawan dari hibernasi atau koma, dan kurang tidur diikuti oleh tidur lebih lama atau lebih dalam. Herbivora, yang membutuhkan periode bangun yang panjang untuk mengumpulkan dan mengkonsumsi makanan mereka, biasanya kurang tidur setiap hari daripada karnivora berukuran hampir sama, yang mungkin mengkonsumsi pasokan daging beberapa hari dengan baik, sambil duduk.

Kuda dan herbivora ungulates lain bisa tidur sambil berdiri, tetapi untuk tidur REM (yang menyebabkan otot atony) harus selalu berbaring  untuk periode singkat. Jerapah, misalnya, hanya perlu berbaring selama beberapa menit, untuk tidur REM pada suatu waktu. Kelelawar tidur sambil menggantung terbalik.

Beberapa mamalia air dan beberapa burung bisa tidur dengan setengah dari otak sementara separuh lainnya terjaga, biasa disebut tidur gelombang lambat unihemispheric . [57] Burung dan mamalia memiliki siklus tidur non-REM dan tidur REM (seperti dijelaskan di atas untuk manusia), meskipun siklus burung lebih pendek dan mereka tidak kehilangan tone otot (lemas) untuk perluasan yang lazim mamalia lakukan.

Banyak mamalia tidur untuk sebagian besar dari setiap periode 24 jam, ketika mereka masih sangat muda. [58] Namun demikian, paus pembunuh dan beberapa lumba-lumba, tidak tidur selama bulan pertama kehidupan. [59]

Perbedaan tersebut dapat dijelaskan oleh kemampuan mamalia-darat yang baru lahir, agar mudah dilindungi oleh orang tua ketika tidur, sementara hewan-hewan laut harus, bahkan ketika masih sangat muda, terus-menerus lebih waspada terhadap predator.

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Sleep

Ingin bebas insomnia ? Klik >  https://servoclinic.com/kesaksian/susah-tidur/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s