Harga Diri ?

22/12/2009

Harga diri adalah istilah yang digunakan dalam psikologi untuk mencerminkan evaluasi atau penilaian seseorang atas diri sendiri secara keseluruhan, berharga.

Harga diri meliputi keyakinan (misalnya, “Saya kompeten-tidak kompeten”) dan emosi (misalnya, kemenangan-keputusasaan, kebanggaan-rasa malu). Perilaku mungkin mencerminkan harga diri (misalnya, ketegasan-sungkan, keyakinan-hati-hati).

Psikolog biasanya menganggap harga diri sebagai karakteristik kepribadian abadi (sifat harga diri), walaupun normal, variasi jangka pendek (harga diri) terjadi.

Self-esteem dapat diterapkan secara khusus untuk dimensi tertentu (misalnya, “Saya yakin saya penulis yang baik, dan merasa bangga karenanya”) atau mempunyai tingkat global (misalnya, “Saya yakin saya orang yang baik, dan merasa bangga dengan diri saya”).

Sinonim atau yang mirip dengan harga diri meliputi : nilai diri, [1] hormat diri, [2] bangga diri, [3] [4] cinta kepada diri sendiri (yang dapat mengekspresikan nada-promosi diri), [ 5] dan integritas diri.

Harga diri berbeda dari rasa percaya diri dan efektivitas diri, yang melibatkan keyakinan tentang kemampuan dan kinerja di masa mendatang.

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Self-esteem

Siapa yang mengalami juga ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s