Tidak Percaya Diri ?

04/01/2010

Dari hasil pooling yang kami lakukan, ternyata rasa tidak percaya diri termasuk salah satu dari hambatan pribadi yang paling banyak dialami banyak orang.

Rasa tidak percaya diri tersebut dapat berupa perasaan tidak yakin pada kemampuan diri sendiri, perasaan sedang dinilai buruk oleh orang lain, perasaan tidak dihargai, perasaan selalu diawasi hingga benci pada diri sendiri.

Anehnya perasaan negatif tersebut semakin lama semakin terasa buruk, membelenggu dan payah. Puluhan buku motivasi sudah dibaca namun sia sia, ratusan curhat telah di-sharing namun semakin garing, puluhan jam nasihat telah di dengar tetapi semakin pudar, puluhan training telah di ikuti tetapi tetap “mati”.

Mengapa kita “sulit” berubah ? Karena yang kita “utak atik” pada tempat yang salah.

Rasa percaya diri adalah rasa yakin pada diri sendiri yang otomatis muncul sebagai AKIBAT pengalaman positif sebelumnya sedang rasa ragu ragu muncul sebagai AKIBAT pengalaman negatif sebelumnya.

Buruknya pola asuh, pendidikan, tradisi keluarga, adat istiadat seringkali secara TIDAK SADAR membuat kita merespon persoalan selalu dengan cara yang salah atau terbalik balik. Contoh : sering menjadikan target sebagai tujuan padahal cuma alat, berusaha mengontrol hal hal yang berada diluar zona kendali, berfokus pada akibat bukan sebab, lebih mementingkan hasil ketimbang proses, dsb.

Jika cara “mensikapi” suatu persoalan sudah terbalik balik sejak awal, maka hasilnya sudah bisa ditebak, juga akan terbalik balik dan tidak seperti yang kita inginkan.

Jadi kekeliruan tidak pada “cobaan” itu sendiri melainkan pada cara kita “mensikapi” persoalan. Contoh  : Tampil di muka umum bagi seseorang yang memiliki kemampuan berpidato / presentasi merupakan ANUGERAH, bukan musibah karena bisa menawarkan training pidato / presenter ke orang lain.

Untuk itu dengan ataupun tanpa bantuan terapis, ijinkan diri Anda berubah !

Siapa yang mengalami juga ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s