Kecanduan Rusuh ?

22/03/2010

  

Kompas, Senin, 22 Maret 2010 mengangkat judul utama “Kerusuhan Mencemaskan”.

Artikel tsb. mengupas secara detil tentang kerusuhan sepakbola yang dilakukan oleh para suporter kesebelasan dalam lima bulan terakhir, mulai dari tanggal terlibat, pihak terlibat, perilaku, akibat serta sanksi yang dijatuhkan, bahkan salah satu akibatnya tidak tanggung tanggung, mobil yang ditumpangi oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono di jalan tol Wiyoto Wiyono, Jakarta turut dilempari gundu.

Jangankan cuma ditahan polisi, resiko terluka bahkan kehilangan nyawapun tidak membuat mereka gentar dan yang lebih edan lagi, makin banyak yang terluka, justru mereka makin bangga.

Itu sebabnya hal tersebut sulit dikendalikan oleh sistem pengamanan sebaik apapun, apalagi jika disertai manajemen penyelenggaraan yang buruk seperti kapasitas stadion yang tidak memadai, petugas yang minim, kinerja panitia yang pas pasan, wasit yang tidak profesional dsb.

Terlepas dari siapa yang benar atau salah, kiranya yang harus difahami oleh pemerintah adalah adanya kecenderungan para suporter menjadikan sikap nekat dan anarkis sebagai sarana pelepasan stres alias kecanduan rusuh akibat tekanan hidup, kemiskinan dan kesulitan lapangan kerja yang mereka alami.

Bukan tidak mungkin hal tersebut dapat berubah menjadi kerusuhan sosial yang kronis.

Ingin Cepat Berubah ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s