Bahasa Inggris ?

05/04/2010

  

Tergelitik oleh iklan Double Eight, sebuah kursus bahasa Inggris yang berbunyi “Bukan Belajar, Tapi Bikin Berani Ngomong Inggris”.

Sepertinya tata bahasa iklan tersebut memang sengaja dibuat berantakan agar menarik perhatian pembaca dan terbukti saya ikut meliriknya.

Namun bukan tata bahasanya yang berhasil menarik perhatian saya, melainkan penggunaan kata “berani” dalam iklan tersebut seolah menggambarkan secara tepat “rasa takut” yang dirasakan para pembelajar bahasa pada umumnya.

Biasanya semakin tua usia seseorang saat memulai belajar bahasa, semakin besar hambatan pribadi yang timbul berupa “rasa takut” salah ucap ataupun dipermalukan oleh lawan bicara atau lingkungan, hal ini tentu saja menghambat kecepatan penguasaan suatu bahasa.

Rasa takut tersebut justru tidak muncul saat seorang bayi mulai pertama kali belajar bahasa “ibu” dimana pada tahap infantil tersebut tabula rasa takut belum terbentuk sempurna, disamping belajar bahasa “ibu” merupakan tahapan belajar yang paling menyenangkan karena disertai kasih sayang ayah-bunda yang penuh.

Jadi jika kita ingin bisa cepat menguasai suatu bahasa, lakukan dengan mental dan cara yang sama seperti saat kita masih bayi yaitu dimulai dari praktek dan diakhiri dengan praktek. Yang penting “bonek” dahulu, benar-salah urusan belakang.  

Baru jika dikemudian hari kita ingin memperdalam kemampuan berbahasa ataupun meningkatkan kompetensi di bidang bahasa, dapat kita tingkatkan melalui kursus-kursus bersertifikat.

Ingin Berubah Berani ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s