Ujian Nasional 2010 ?

27/04/2010

Kembali Ujian Nasional (UN) SMA membawa korban !

Berdasarkan data dari Kementerian Pendidikan Nasional, 10,12 persen dari 1.522.162 total peserta UN SMA tahun 2010 atau sekitar 154.079 orang dinyatakan tidak lulus.

Daerah yang paling banyak “menyumbang” ketidak lulusan berasal dari Nusa Tenggara Timur sebanyak 18.333 orang, Jawa Tengah 13.914 orang, Nusa Tenggara Barat 9.086 orang dan Sulawesi Selatan 8.451 orang, bahkan terdapat beberapa sekolah dengan tingkat kelulusan UN nol persen.

Ironisnya, walau tidak ada jaminan lulus UN berarti pula akan lolos PTN, dari siswa yang dinyatakan tidak lulus, terdapat beberapa siswa berprestasi bahkan beberapa diantaranya telah diterima di perguruan tinggi negeri ternama seperti ITS, IPB, UGM.

Hal tersebut tentu saja menambah deret korban dan dampak negatif yang tidak perlu akibat UN tahun tahun sebelumnya, seperti joki ujian, mental cari “bocoran”, kebiasaan mencontek, trauma mendalam, aksi anarkis, hingga siswa bunuh diri, dsb.

Lalu siapa yang harus bertanggung jawab terhadap “kegagalan” tersebut, sementara standar pendidikan seperti ketersediaan guru, sarana pendidikan, kurikulum berkualitas belum merata. Belum lagi “arah” pendidikan yang semakin berorientasi pada tujuan, tidak sampai menjangkau pada pendidikan emosional seperti alasan mengapa belajar penting, strategi belajar, manajemen waktu belajar, mengelola stres dan resiko ketidak sesuaian hasil dsb.

Untuk itu, sebelum buah hati Anda yang menjadi korban, mulailah lengkapi diri Anda dan buah hati tercinta dengan pengetahuan “kecerdasan emosional”, pemrograman otak kanan, manajemen diri dsb. dan jika sudah terjadi, fikirkan kemungkinan meminta bantuan profesional.

Siapa yang mengalami juga ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

One Response to “Ujian Nasional 2010 ?”

  1. Poemqey Says:

    Wah, tak kusangka jateng banyak juga,,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s