Cemas = Depresi ?

06/05/2010

  

Secara klinis, gejala yang ditunjukkan pada “gangguan kecemasan” dengan “depresi” terlihat berbeda.

Pada gangguan kecemasan gejalanya meliputi berdebar debar, bernafas cepat, tegang, sulit konsentrasi, terburu buru, gelisah, takut, mudah tersinggung dsb., sedang pada penderita depresi gejalanya antara lain, murung, lesu, malas, sedih, impoten, hilang selera makan, rasa bersalah, putus asa, merasa pesimis, tidak berdaya, tidak berharga, atau sebaliknya makan banyak, kecanduan rokok, keranjingan game dsb.

Namun jika ditinjau dari mekanisme kerja terbentuknya rasa cemas ataupun depresi, keduanya adalah identik dan hanya merupakan dinamika emosional. Ibarat dua sisi mata uang, keduanya sama sama merupakan “akibat” dari cara seseorang bereaksi terhadap sumber stimulus dan kebetulan cara yang dipilih negatif.

Sudah sama sama kita ketahui, motif universal setiap individu adalah mengejar hal hal yang ia inginkan dan menghindar yang tidak diinginkan, sehingga saat seseorang harus berhadapan dengan sesuatu yang tidak ia inginkan maka sesuatu yang tidak diinginkan tsb. berubah menjadi “sumber stres” bagi dirinya (walau untuk orang lain dapat sebaliknya).

Sayangnya, secara realita tidak semua orang selalu mendapatkan hal hal yang ia inginkan atau dapat menghindar dari hal hal yang tidak dia inginkan, akibatnya jika seseorang terpaksa harus terpapar dengan sumber stres maka ybs. berpotensi menjadi gampang cemas, takut, fobia, panik dsb.

Sebaliknya jika ybs. dapat menghindar, maka ybs. berpotensi terjebak pada hal hal yang dapat membuat dirinya nyaman seperti rasa malas, kebiasaan buruk, keranjingan, obsesif kompulsif dsb. dan jika disertai rasa bersalah ataupun menghukum diri, ybs. cenderung “bergeser” ke area depresi.

Jadi letak persoalannya bukanlah pada ada tidaknya gangguan kecemasan atau depresi tsb. karena kedua duanya sama sama hanya akibat, melainkan pada seberapa cepat ybs. telah “menemukan” cara bereaksi yang tepat (baca : sikap yang pas) terhadap stimulus.

Untuk itu dengan ataupun tanpa bantuan profesional mulailah berubah !

Ingin Bebas Cemas / Depresi ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s