Hidup dengan Fobia ?

10/05/2010

Hidup dengan fobia bisa sulit. Bahkan jika obyek atau situasi yang ditakuti muncul secara tidak teratur dalam kehidupan sehari-hari Anda, Anda mungkin menemukan bahwa banyak waktu Anda dihabiskan untuk mengkhawatirkan hal yang mungkin muncul atau memikirkan cara untuk menghindarinya. Meskipun perhatian khusus terhadap setiap jenis fobia mungkin berbeda, secara umum dapat dibagi menjadi tiga kategori dasar.

Memberitahu Teman dan Keluarga

Menceritakan tentang fobia Anda ke teman-teman dan keluarga mungkin sangat emosional bagi Anda. Anda mungkin khawatir, mereka akan menilai atau mengolok-olok Anda. Anda juga mungkin khawatir mereka akan menganggap Anda sebagai orang sakit atau bersikap berlebihan.

Meskipun mengungkapkan fobia dapat menyulitkan Anda, itu merupakan langkah penting dalam proses penyembuhan. Panduan berikut akan membantu Anda memahami kapan dan bagaimana mengungkapkannya secara tepat.

Efek psikologis dan emosional dari Fobia

Fobia sering memiliki dampak yang luas, menyebabkan kesulitan dalam banyak bidang kehidupan. Anda mungkin bertanya-tanya, apakah yang Anda rasakan adalah normal. Berikut ini adalah panduan untuk beberapa efek umum dari fobia dan tips sukses mengelolanya.

Dukungan Sumber Daya

Meskipun Anda mendapat dukungan utama dari terapis, teman-teman dekat atau kerabat, Anda menemukan bahwa dukungan tersebut membuat lebih mudah mengatasi. Banyak orang merasa terbantu setelah pertama kali membaca cerita tentang perjuangan seseorang yang berhasil mengatasi fobia. Selain mencari informasi perawatan terbaru. Banyak yang menemukan bahwa hanya dengan berbicara pada seseorang, telah membuat semuanya jadi lebih mudah untuk ditangani.

Banyak penderita fobia mengalami keprihatinan yang sama walau jenis fobia yang mereka alami, masing-masing memiliki kekhususan.

Fobia Spesifik

Beberapa fobia spesifik dapat dihindari dengan mudah, jika mereka tidak muncul secara teratur dalam kehidupan sehari-hari Anda. Namun, jika Anda memiliki fobia tertentu, Anda mungkin takut dengan situasi baru. Anda mungkin khawatir, rasa takut Anda terhadap objek tertentu akan muncul. Anda mungkin merasa malu jika bertanya apakah teman baru Anda memiliki anjing atau menolak perjalanan berkemah karena takut diajak naik perahu.

Fobia Sosial

Fobia sosial dapat sangat membatasi kehidupan. Anda mungkin menemukan, pendidikan dan pergerakan karir Anda bersinggungan dengan situasi yang membuat Anda takut. Anda mungkin menolak janji atau tinggal di rumah orang lain. Fobia sosial juga dapat menyebabkan siklus fobia Anda berulang, yang menyebabkan Anda salah tingkah, memperkuat rasa takut Anda untuk bertindak aneh di depan umum.

Rasa takut thd ruang terbuka (Agoraphobia)

Agoraphobia mungkin yang paling luas dan paling sulit dari semua fobia. Agoraphobia pada dasarnya adalah takut mengalami serangan panik. Ketika mencoba untuk menghadapi agorafobia, Anda mungkin mengalami serangan panik akibat agorafobia tersebut. Hal ini pada gilirannya dapat semakin memperkuat keyakinan Anda terhadap ketidakmampuan mengendalikan serangan panik, membuat agorafobia Anda semakin buruk.

Sumber : http://phobias.about.com/od/supportandresources/tp/livingwithphobias.htm

Siapa yang mengalami Serangan Panik juga ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian-serangan-panik/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s