Tips Menghemat Biaya Pelatihan !

21/05/2010

Salah satu kewajiban perusahaan yang menerapkan ISO 9000 sebagai Persyaratan-Sistem Manajemen Mutu nya sesuai pasal 6.2.1 Umum, adalah memastikan bahwa personel yang melaksanakan pekerjaan yang mempengaruhi kesesuaian terhadap persyaratan produk harus memiliki kompetensi.

Konsekwensinya adalah perusahaan harus merekrut tenaga terlatih yang telah jadi (ini tentunya sangat mahal) atau memfasilitasi sendiri peningkatan kompetensi karyawan dengan menyediakan anggaran pelatihan yang cukup besar.

Apapun pilihan yang diambil, masing masing memiliki kelebihan dan kekurangannya meliputi biaya yang harus dianggarkan, waktu yang diperlukan serta tenaga pelaksana, belum lagi jika faktor resiko lainnya seperti loyalitas, integritas karyawan dimasukkan.

Bisa jadi setelah ybs. di biayai mengikuti pelatihan ataupun disekolahkan, malah pindah ke perusahaan kompetitor. Itu sebabnya diperlukan kejelian serta strategi yang tepat dari seorang manajer SDM untuk mensiasati hal tersebut.

Jika kita perhatikan, karakter daripada kompetensi/keahlian, “melekat” pada diri personil itu sendiri, dengan demikian motif  dari seorang karyawan apakah sebuah pelatihan diinginkan ataupun tidak menjadi penting karena hal tsb. dapat berdampak pada hasil (output) pelatihan dan pemanfaatannya.

Pada titik inilah perusahaan dapat mensinkrunkan antara kepentingan pribadi karyawan untuk meningkatkan nilai jual dirinya melalui pelatihan, dengan kepentingan perusahaan untuk meningkatkan sistem manajemen mutu perusahaan melalui peningkatan kompetensi karyawan.

Caranya ?

Perusahaan dapat memulainya dengan memfasilitasi pelatihan motivasi karyawan yang dapat menumbuhkan kesadaran bahwa pelatihan adalah kebutuhan pribadi karyawan bukan perusahaan, sehingga karyawan termotivasi untuk membiayai sendiri pelatihan ataupun sekolah yang sesuai dengan minat pribadi.

Dengan demikian peng-alokasian anggaran pelatihan dapat lebih efisien, efektif dan hanya untuk hal hal yang lebih spesifik.

Siapa yang mengalami juga ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s