Aja Ndisiki Kersa ?

02/11/2010

Memahami Pituduh ke 9 dari Memayu Hayuning Bawono, yang berbunyi “Aja Ndisiki Kersa” yang dalam terjemahan bebasnya berarti “jangan mendahului kehendak Tuhan” sama tidak mudahnya dengan memahami apa itu Takdir.

Sebagaimana yang difahami oleh Mbak Maridjan, apakah turut mengungsi karena adanya dugaan Merapi akan meletus, dapat disebut mendahului kehendak Tuhan ?

Memang betul, Allah Swt. menciptakan semua hal mulai dari diri kita, pikiran orang lain, peristiwa, musibah dsb., namun jika kita mencoba memahami mengapa Allah Swt. menciptakan manusia lengkap dengan perangkat akal ?

Hal tersebut dapat pula bermakna bahwa ada wilayah yang kendalinya Allah delegasikan sepenuhnya kepada manusia (baca : gunakan akalmu) misal : mengambil hikmah, menambah ilmu, meningkatkan kemampuan, berikhtiar dsb.

Dan hal tersebut sejalan dengan Surat Ar Ra’d (13) ayat 11 yang bunyinya ”….Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum (bangsa) sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri…”.

Sedang untuk semua hal yang berada diluar zona kendali manusia, misal : pikiran orang lain, hasil, musibah dsb. tidak ada cara lain kecuali diserahkan sepenuhnya pada kehendak yang Kuasa !

Ingin Cepat Berubah ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s