Molekul Pengatur Jam Tubuh Internal ? #2

18/11/2010

Penelitian – didanai oleh National Institute of Neurological Disorders and Stroke dan Danish Medical Research Council – difokuskan pada PACAP setelah grup Denmark menemukan bahwa molekul tsb. telah dilokalisasir pada jalur saraf. Pertanyaannya adalah apa yang PACAP lakukan ?

“Menambahkan PACAP eksogen bersama dengan glutamat memiliki efek negatif pada amplitudo efek penyetingan ulang jam dari glutamat, yang dengan sendirinya memiliki pengaruh yang sama pada penyetingan ulang jam seperti cahaya dalam kondisi laboratorium,” kata Gillette.

“Yang mengejutkan adalah bahwa ketika kita menggunakan fragmen dari peptida PACAP sebagai kontrol, hasilnya tidak cuma glutamat sendiri. Sebaliknya, dampak tersebut bergeser ke arah yang berlawanan untuk meningkatkan PACAP.”

Menerapkan antibodi untuk memblokir pengaruh PACAP yang mungkin dibebaskan dari serabut saraf optik di preparat irisan-otak memiliki efek yang sama.

“Ini berarti bahwa PACAP memang dilepaskan dari saraf optik saat glutamat bekerja. Ini adalah normal, komponen tersembunyi dari sinyal,” katanya.

Hal ini mungkin jadi dasar mengapa cahaya terang di malam hari membuat orang terjaga lebih efektif daripada cahaya redup, Gillette kata.

Cahaya terang menunda lebih waktu jam dan dengan demikian, membuat lebih sulit untuk bangun pagi-pagi berikutnya. Lebih banyak PACAP dalam sinyal cahaya berarti penundaan yang lebih besar, ia menambahkan.

Akhirnya, Gillette berkata, dimungkinkan untuk membuat obat untuk mereset siklus tidur seseorang secara selektif, yang akan menjadi berita baik bagi pekerja shift malam dan untuk beberapa orang dengan gangguan tidur.

Rekan penulis paper itu Gillette, Dong Chen, Gordon F. Buchanan dan Jian M. Ding, all of the U. of I., dan Jens Hannibal, seorang profesor biokimia klinis di University of Copenhagen.

Sumber : http://sciencedaily.com/releases/991206071456.htm

Ingin bebas insomnia ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/susah-tidur/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s