Pengatur Jam Tubuh Anda ? #1

22/11/2010

Alasan bahwa jet lag mengenai beberapa orang yang sering bepergian dan baru saja terganggu lainnya, mungkin terletak pada gen ibu kita, demikian laporan di  jurnal internasional, Science, edisi 14 Juli 2000.

Sebuah studi Perancis pada jam sirkadian, yang mengatur siklus harian tubuh, telah menemukan bahwa ikan zebra betina “menyetel” jam dari turunannya sebelum mereka lahir. Variasi dalam gen ibu tertentu dapat mempengaruhi bagaimana mudahnya sistem penjagaan waktu tubuh menyesuaikan perubahan hari / siklus malam.

Sampai saat ini, para ilmuwan telah umum mengasumsikan bahwa jam sirkadian belum bekerja sampai sekitar waktu kelahiran, atau mungkin kemudian.

Sekarang, ilmuwan dari Ecole Normale Superieure, CNRS, dan Institut de Génétique et de Biologie et Moléculaire Cellulaire, CNRS / INSERM / Université Louis Pasteur telah menemukan bahwa komponen kunci dari jam sirkadian dimulai “penandaan” dalam telur ikan zebra bahkan sebelum mereka dibuahi. Kegiatan gen menjaga ritme yang sama seperti pada pengembangan hewan.

“Temuan ini cukup mengejutkan. Keyakinan saat ini adalah bahwa ritme sirkadian membutuhkan otak yang telah berkembang, sehingga mereka tidak mulai sampai kemudian,” kata Vincent Laudet, seorang rekan penulis kertas kerja Science bersama dengan Franck Delaunay, Christine Thisse, Oriane Marchand, dan Thisse Bernard.

Para peneliti sedang mencari cara untuk membantu menyeting ulang jam diri sebagai respons terhadap penerbangan trans-Atlantik, misalnya, atau kerja shift malam hari.

Jam terganggu juga telah dikaitkan dengan gangguan tidur dan gangguan afektif seperti depresi. Memahami bagaimana jam diset di tempat pertama bisa menjadi langkah penting menuju pengobatan penyakit ini.

Sumber : http://sciencedaily.com/releases/000717074304.htm

Ingin bebas insomnia ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/susah-tidur/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s