Penelitian Untuk Naik Pangkat ?

27/11/2010

Penelitian dan penulisan artikel ilmiah para dosen di Indonesia masih banyak yang dilakukan untuk sekedar kenaikan pangkat.

Akibatnya penerbitan berkala ilmiah di Indonesia, kesulitan mendapatkan naskah. Penerbitan ilmiahpun tidak untuk memajukan ilmu, tetapi buat menyediakan bukti dan sarana pendukung kenaikan pangkat.

Demikian yang dikemukakan Mien Ahmad Rifai, Pembina Senior Jurnal Nasional Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DP2M) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional pada acara seminar dan lokakarya nasional “Menguatkan Budaya Penelitian, Menegakkan Etika Intelektual” yang diselenggarakan Prasetiya Mulya Business School dan DP2M, 25-26 Novermber lalu (Kompas, 27 November 2010).

Jika yang disinyalir Mien tsb. benar secara ilmiah, maka hal tersebut dapat pula menjadi indikasi bahwa ada yang salah dalam “cetak biru” pendidikan di Indonesia, sehingga timbul budaya berpikir bahwa penelitian (baca : belajar) merupakan “tujuan” bukan sekedar “alat/sarana” meningkatkan kemampuan.

Dan yang lebih memprihatinkan jika budaya berpikir “katrok” tersebut justru menjadi “gaya mengajar” para pendidik kita, sehingga berpotensi ditularkan secara tanpa sadar kepada anak cucu kita.

Bagaimana nih pak Menteri, emang mau dibawa kemana……. pendidikan kita ?

Ingin Cepat Berubah ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s