Variasi Jumlah Sinaps ? #2

01/12/2010

Mengapa kita perlu tidur dan bagaimana, tepatnya, tidur berfungsi restoratif, adalah dua pertanyaan besar yang belum terjawab dalam biologi.

Mengetahui bahwa kinerja otak berubah sepanjang hari, para peneliti percaya bahwa siklus harian dan tidur mengatur “plastisitas sinaptik” – kemampuan sinaps untuk mengubah kekuatan dan bahkan membentuk serta menghapusnya.

Dan mereka berteori bahwa malam hari mengubah jumlah dan kekuatan sinapsis, membantu mengisi ulang otak yang, pada gilirannya, memberi manfaat pada memori, pembelajaran dan fungsi lainnya.

Sebagai peneliti, mereka mencatat dalam makalah, perubahan dalam jumlah koneksi neuron ke neuron terkait siklus-harian, sebelumnya tidak pernah ditampilkan di vertebrata hidup, dan “mekanisme molekuler dari jenis plastisitas sinaptik ini kurang dipahami.” Jadi mereka berpaling ke zebrafish, sebuah hewan peliharaan akuarium kecil, untuk membantu.

Seperti manusia, ikan zebra aktif pada siang hari dan tidur di malam hari – sesuatu yang ditemukan peneliti di laboratorium Mignot’s pada penelitian sebelumnya.

Larva ikan kecil berguna, juga terjadi secara transparan, memungkinkan peneliti untuk melihat langsung di jaringan saraf hewan. “Ini tidak dapat dilakukan pada hewan bertulang belakang lainnya,” kata Mignot, yang juga Craig Reynolds Profesor, Sleep Medicine, menambahkan bahwa kelompoknya dibantu oleh tenaga ahli pencitraan co-author Stephen Smith, PhD, profesor fisiologi molekular dan seluler, serta laboratoriumnya.

Untuk studi ini, para peneliti menggunakan teknik pencitraan fluorescence-untuk memantau aktivitas saraf di daerah spesifik dari otak yang mengatur tidur dan bangun.

Dengan teknik tersebut, mereka dapat melihat sinaps dalam neuron hypocretin individu, dan mereka menunjukkan bahwa jumlah koneksi ini berfluktuasi antara siang dan malam.

Sumber : http://sciencedaily.com/releases/101006131157.htm

Ingin bebas insomnia ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/susah-tidur/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s