Gangguan Panik ?

18/01/2011

“Bagi saya, serangan panik hampir seperti mengalami kekerasan. Saya merasa terpisah dari realitas. Saya merasa kehilangan kendali secara ekstrim. Jantung saya berdegup keras, saya seperti sulit bernafas dan seperti diterjang sesuatu yang besar sekali.”

Sewaktu serangan terjadi, timbul rasa takut dan cemas bahwa hal tersebut akan muncul lagi. Aku takut untuk kembali ke tempat di mana saya pernah mengalami serangan panik, kecuali pergi ke tempat tempat dimana saya dapat segera memperoleh pertolongan atau yang dapat memberi rasa aman dari panik.

Sumber : National Institute of Mental Health; NIH Publication No. 06-3879

Seseorang yang mengalami serangan panik mengalami gejala yang mirip dengan gejala serangan jantung seperti  tangan terasa dingin, geli atau mati rasa, keluar keringat dingin, dada terasa nyeri, timbul rasa mual dan disertai sensasi seperti dibekap.

Itu sebabnya mereka yang mengalami panic attacks sering mengira sedang mengalami serangan jantung sehingga timbul rasa takut yang sangat hebat seolah sedang diambang kematian.

Dari survei tidak resmi yang dilakukan SERVO Clinic terhadap 457 orang, terdapat sekitar 5% atau sekitar 25 orang yang mengalami serangan panic.

Adapun dampak buruk serangan panik antara lain, jika terjadinya di tempat tidur, dapat membuat ybs. mengalami gangguan tidur / insomnia dan jika terjadi ditempat umum seperti mal, pantai ataupun lapangan dapat mengganggu kebersamaan keluarga ataupun aktifitas sosial karena ybs. menghindar berada di lokasi tersebut.

Jika hal tersebut tidak segera diatasi dapat berkembang menjadi masalah yang serius seperti sulit konsentrasi, gangguan pola makan, frustrasi, depresi dan putus asa.

Walau serangan panik bersifat sangat pribadi, namun saat ini sudah banyak perusahaan yang peduli dan bersedia membiayai terapi karyawan yang mengalaminya, karena serangan panik yang terjadi di tempat kerja seperti di lift, di ruang meeting ataupun di jalanan macet dapat mengganggu kinerja  karena ybs. dikira menolak tugas perusahaan.

Ingin bebas Serangan Panik juga ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian-serangan-panik/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s