Gerakan Anti Kebohongan ?

20/01/2011

Risau dengan maraknya pameran kebohongan di ruang publik mendorong akademisi dan tokoh agama di Jawa Timur mendeklarasikan Gerakan Anti Bohong di Universitas Muhammadiyah Surabaya, Rabu 19 Januari 2011.

Hal tersebut ditandai dengan penyematan pin bertuliskan “Stop Bohong: Tidak Bohong adalah Karakter Pribadi Saya.” serta dilakukan penanda tanganan dua spanduk masing masing sepanjang 7 meter.

Agar efektif, gerakan tersebut harus dapat mendorong pemegang kebijakan memperbesar porsi pendidikan kecerdasan emosional di pendidikan dasar, dapat dalam bentuk pendidikan agama atau pendidikan budi pekerti yang diperkaya dan fungsional.

Sama seperti pemberantasan kemiskinan, gerakan anti kebohongan tidak dapat diatasi hanya dengan poster, spanduk, seminar, talkshow, demonstrasi, survei atau data statistik, melainkan harus terintegrasi dalam sistem pendidikan.

Bukankah maraknya korupsi merupakan harga yang harus dibayar akibat semakin lunturnya nilai nilai agama yang berfungsi sebagai polisi pribadi dan semakin banyaknya ulama yang bermetamorfosa menjadi penjual ayat selebriti, sementara tuntutan hidup terus meningkat dan teknologi pengusung konsumerisme maju pesat luar biasa ?

Akibatnya ancaman “dosa” tidak lagi menakutkan dan iming iming “surga” tidak lagi menggiurkan karena sudah tergantikan dengan seberapa besar fulus yang dapat dikumpulkan setelah dikurangi dengan resiko yang bisa dibeli akibat lemahnya penegakan hukum.

Dan yang lebih menyedihkan, akibat krisis keteladanan dan kepemimpinan, banyak generasi muda mengidolakan artis porno yang bahasa tubuhnya penuh dengan iklan kebohongan, kebanggaan semu dan prestasi tidak penting lainnya.

Untuk itu, mulailah sejak awal masuk sekolah, awal kerja, awal menikah, diperkenalkan tentang apa itu kecerdasan emosional, manajemen diri, jati diri, cetak biru emosional, manajemen stres, manajemen waktu, profesionalisme, persiapan, perencanaan, pengendalian proses, pengelolaan resiko dsb.

Semoga berhasil !

Ingin bebas bohong ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s