Tidak Dipercaya ?

22/01/2011

“Penyimpangan yang terjadi di instansi pemerintah, jika dibuka semua secara terbuka dikhawatirkan bisa menurunkan kepercayaan rakyat kepada pemerintah.”

Demikian dikatakan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Ito Sumardi, dalam tanya jawab bersama Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, Jum’at 21 Januari 2011 di Jakarta. (Kompas, Sabtu, 22 Januari 2011).

Jika benar ybs. berpikir dengan cara yang demikian, hal tersebut tentu saja sangat memprihatinkan, karena beliau yang seharusnya menjadi suri teladan, tanpa disadari menggunakan logika berpikir yang terbolak balik.

Bukankah “kepercayaan” seseorang baru muncul saat sebuah “amanah” dijalankan ? Bukan malah dengan menutup nutupinya apalagi “membuang badan” ke orang lain ?

Justru dengan semakin menjalankan amanah, bersikap jujur, bertanggung jawab, berani mengakui kesalahan, lalu meminta ma’af dan memperbaikinya, kepercayaan seseorang semakin berpeluang pulih bahkan semakin meningkat.

Jika yang dikhawatirkan dapat membuat pemerintah tidak dipercaya oleh masyarakat, bukankah hal tersebut sudah merupakan resiko sebagai pihak yang diberi amanah oleh rakyat, lagipula masyarakat Indonesia cukup cerdas untuk dapat membedakan, mana kebohongan kekeliruan yang disengaja ataupun yang tidak ?

Dan apabila yang dikhawatirkan masyarakat dapat semakin menderita karenanya, bukankah selama ini sebagian besar masyarakat sudah terbiasa hidup susah dan mengatasi kemiskinannya sendiri.

Apalagi pasal 33 ayat 3, UUD 1945 jelas jelas mengamanatkan kepada pemerintah bahwa bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya (termasuk pajak ?) dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran para mafia hukum atau pajak rakyat ?

Jadi kalau tidak sekarang, kapan Indonesia berubah ?

Ingin cepat berubah juga ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s