Atasan yang Menyebalkan ?

17/03/2011

Apakah atasan Anda di kantor sangat menyebalkan ?

Terdapat beberapa tipe bos yang menyebalkan antara lain, tipe perfeksionis yang ciri cirinya suka mengkoreksi hal hal yang tidak penting, peragu, sering melakukan intervensi bahkan mengambil alih tugas; tipe otoriter, ciri cirinya gila hormat, gemar memberi perintah, haus kekuasaan; tipe pemarah, ciri cirinya suka mengkritik bawahan, temperamental/gampang marah.

Sebelum Anda menyalahkan diri sendiri, melawan perintah atasan ataupun memutuskan pindah pekerjaan, pastikan diri Anda menyadari bahwa hal tersebut disebabkan oleh ketidakmampuan atasan menjadi pemimpin, bukan karena ketidakmampuan Anda menjadi bawahan.

Untuk menghadapi atasan yang perfeksionis, buat diri Anda menjadi bawahan yang berguna, biarkan ia tergantung pada Anda dan jika perlu ajukan diri Anda untuk menyelesaikan tugas tugas yang belum ia selesaikan. Siapkan diri Anda untuk menerima omelan yang tidak penting karena sifat dirinya yang memang pencemas, tanyakan hal mana yang menjadi prioritas dirinya, pastikan semua perencanaan mendapat persetujuan darinya.

Untuk menghadapi bos dengan tipe otoriter, sekalipun Anda benar dan mampu, jangan mengabaikan apalagi mempermalukan dirinya dengan menunjukkan kemampuan Anda di depan orang banyak, kecuali setelah memperoleh ijin dirinya. Buat dirinya merasa terhormat, walau orang lain lebih dapat menilai kemampuan Anda. Sekalipun diminta, hindari menyampaikan kritik, apalagi konfrontasi. Jika perlu berpura puralah meminta pendapat dan jika ingin menyampaikan usulan, sampaikan dalam bentuk pertanyaan. Bos tipe seperti ini biasanya suka dipuji, bahkan untuk pujian yang tidak bermutu atau murahan.

Dan jika atasan Anda termasuk tipe pemarah, kenali minat dirinya entah itu olah raga, politik ataupun keluarga, biarkan diri Anda menjadi pendengar yang baik bagi dirinya, setidaknya  ia merasa memiliki teman, disaat orang lain menjauhinya. Sisanya, hindari bercanda sekalipun ingin mencairkan suasana dan abaikan dirinya jika sedang marah, karena hanya dengan melampiaskan amarah, dirinya merasa nyaman, alias kecanduan marah. Biarkan ia kena batunya dari orang lain yang jauh lebih temperamental dari dirinya, namun tangan Anda tetap bersih.

Jadi jika Anda merencanakan pindah bagian atau perusahaan, pindahlah karena sedang memenuhi rencana karir Anda, bukan karena menghindari atasan yang menyebalkan. Anggap saja Anda sedang berlatih kesabaran sampai dengan saat pindah tiba dan seandainya masih sulit juga, sebaiknya terapi !

Siapa yang sudah merasakannya ? Klik > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s