Ciri Ciri Aliran Sesat ?

21/04/2011

Sudah banyak fatwa tentang aliran sesat yang dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI), namun entah mengapa korban terus berjatuhan.

Hal ini tentu saja dapat menimbulkan keresahan kronis di kalangan warga dan berpotensi menjadi bom sosial jika tidak diantisipasi. Namun jika dilihat dari ciri ciri aliran sesat, maka kita tidak cukup alasan untuk terlalu merasa khawatir, karena antara yang hak dan yang mungkar sangat jelas bedanya.

Berikut ciri ciri aliran sesat :

Kultus Individu. Apa pantas, seseorang pemimpin agama mengalami waham kebesaran, merasa mendapat wahyu dan ditunjuk menjadi seorang nabi/rasul, merasa diri agung atau lazim disebut dengan istilah megalomania ?

Gila Atribut. Apa pantas, seorang pemimpin agama harus tampil dengan full assesories seperti mahkota, singasana, mengenakan jubah, tongkat dsb., atau nabi yang modern suka mengenakan jas/dasi, mobil dan rumah mewah, tujuannya untuk membangun kesan berwibawa layaknya orang penting/suci ?

Wajib Taat.  Apa pantas, para pengikut wajib membeo/taqlid buta dan mengangkat sumpah kepada atasan, menolak tegas tafsir agama diluar kelompoknya dan menganggap kelompok lain adalah kafir dan bagi yang menghalangi dianggap musuh dan halal dibasmi ?

Wajib Infak. Apa pantas, para pengikut diwajibkan infak/shadaqah dalam jumlah yang sangat besar, diiming imingi akan diampuni dosa-dosanya, dijanjikan masuk surga, atau ditakut takuti dan di ancam terkena bala jika menolak berinfak ?

Tertutup. Apa pantas, jika ajarannya memang bagus, disampaikan secara sembunyi sembunyi, menghindar berdiskusi terbuka dengan ulama, bergerilya dalam kelompok kecil dan berkomunikasi dengan sistem sel terputus sehingga sulit dilacak sampai ke akar akarnya dan takut berinteraksi dengan aparat keamanan ?

Permisif. Apa pantas, untuk mencapai tujuan, anggota diperkenankan melakukan tipu muslihat, boleh tidak menjalankan syariat agama dengan alasan darurat seperti berbohong pada orang tua/keluarga, tidak sholat/puasa, menikah tanpa wali/tukar menukar pasangan dsb. ?

Ekslusif. Apa pantas, jika pengikutnya harus memisahkan diri, enggan bersalaman dan bersentuhan dengan jama’ah lain, jika perlu bekas tapaknya dibasuh karena dianggap najis. Tidak mau berguru, berimam atau beribadah di tempat ibadah jama’ah lainnya, karena menganggap diluar jama’ahnya adalah kafir ?

Jaminan Surga. Apa pantas, jika mengklaim dapat meramal hari kiamat/nasib seseorang, menganugerahi kekayaan berlimpah, mampu menyembuhkan 1001 penyakit, jaminan dosa diampuni dan masuk surga, bahkan ada yang sampai mengeluarkan voucher/sertifikat penghapusan dosa ?

Ingkar. Apa pantas, tidak mempercayai qur’an/hadis, mengutip dalil sepotong-sepotong, menambah dan mengurangi kitab suci sesuka hati, tidak jarang mengutip dari sana sini, dari agama/kepercayaan lain. dsb. ?

Ingin bebas aliran sesat ? Klik > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s