Menghilangkan Stres Kerja ?

05/06/2011

Stres kerja dapat disebabkan oleh berbagai hal antara lain :

  • ketidak jelasan uraian tugas (job description)
  • kurang persiapan atau perencanaan kerja
  • volume pekerjaan yang berlebihan
  • kurang terampil
  • intervensi atasan
  • bekerja dibidang yang tidak sesuai
  • kurang sarana dan prasarana
  • lingkungan kerja yang buruk

Untuk itu lakukan identifikasi apakah perusahaan telah memiliki struktur organisasi, proses bisnis dan uraian tugas yang jelas sehingga tanggung jawab dan wewenang dalam menjalankan tugas menjadi jelas, jika belum, bicarakan hal tersebut pada atasan Anda ! Hal tsb. menjadi penting, karena memudahkan Anda dalam menyusun rencana kerja, membuat keputusan, menjalankan tugas, melakukan koordinasi dan pelaporan.

Tingkatkan kompetensi pribadi melalui rajin bertanya, baca buku, browsing internet, konsultasi, pelatihan maupun pendidikan. Fokuskan peningkatan kualitas pekerjaan hanya pada departemen atau unit yang menjadi tanggung jawab Anda dan pastikan departemen atau unit Anda sebagai supplier terbaik bagi departemen lain.

Kecuali terhadap departemen atau unit yang menjadi tanggung jawab Anda, buang jauh jauh keinginan mengkritik departemen lain apalagi mengubah sistem perusahaan karena hal tsb. merupakan tanggung jawab atasan Anda dan untuk itu ia digaji. Jangan sampai maksud baik Anda dipersepsikan sebagai mencampuri urusan departemen lain apalagi dikira ingin menggantikan posisi bos Anda.

Walau bersifat sangat pribadi, kenali apakah Anda menyukai pekerjaan Anda karena kegairahan bekerja berbanding terbalik dengan rasa stres Anda dan pastikan diri Anda terbebas dari hambatan pribadi seperti gangguan kecemasan, takut gagal, merasa tidak mampu, rasa malas, insomnia karena hal tersebut berpengaruh pada produktifitas Anda.

Fikirkan kemungkinan untuk meminta bantuan profesional guna menghilangkan hambatan pribadi tersebut dan memprogram ulang minat Anda !

Ingin bebas stres kerja ? Klik > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s