Katarsis ?

10/08/2011

Kerusuhan yang melanda Inggris telah menyebar ke seluruh London, bahkan ke beberapa kota besar lainnya seperti Birmingham, Liverpool, Bristol dan Nottingham.

Pada awalnya, peristiwa tersebut dipicu oleh kemarahan warga Totttenham, London Utara setelah seorang warganya, Mark Duggan ditemukan tewas akibat ditembak polisi.

Adapun penyebab intinya diduga karena ketidak-puasan masyarakat terhadap kebijakan pemotongan anggaran yang menyebabkan puluhan ribu orang menganggur.

Banyak tunjangan kaum miskin, tunjangan pendidikan dan tunjangan sosial hilang, disisi lain biaya hidup / harga kebutuhan pokok seperti listrik, gas dan air terus membumbung. Hal tersebut semakin di perburuk dengan tindakan sewenang-wenang polisi terhadap warganya, terutama yang berasal dari kalangan pendatang / imigran.

Ibarat bendungan yang dipaksa terus menerus menahan gelontoran air hujan yang melampaui kapasitas dirinya, akhirnya jebol juga. Dalam istilah Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) hal tersebut biasa disebut dengan istilah “amuk” yaitu kerusuhan yang melibatkan banyak orang (seperti perang saudara).

Sedang jika hal tersebut dilakukan secara individual, lazim disebut dengan istilah katarsis yaitu kelegaan emosional setelah mengalami ketegangan dan pertikaian batin akibat suatu lakuan dramatis.

Kiranya kerusuhan Inggris tersebut dapat menjadi pelajaran bagi pemerintah Indonesia agar bersungguh sungguh memberantas korupsi, mewujudkan janji kampanye yang tak kunjung terlaksana serta pemberantasan teroris yang terkesan asal-asalan.

Semoga peristiwa serupa yang juga pernah terjadi di Indonesia pada Mei 1998, tidak perlu terulang kembali.

Ingin bebas rasa cemas ? Klik > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s