Hipnoterapi dan Psikolog ?

26/08/2011

Psikologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) didefinisikan sebagai ilmu yg berkaitan dengan proses mental, baik normal maupun abnormal dan pengaruhnya pada perilaku; ilmu pengetahuan tentang gejala dan kegiatan jiwa. Seseorang yang ahli di bidang psikologi disebut sebagai psikolog.

Sedang hipnoterapi di definisikan sebagai  penyembuhan gangguan jiwa dengan membawa penderita ke suatu keadaan trans agar penderita mengeluarkan isi hatinya (jika dalam keadaan sadar, ybs. belum tentu bersedia menceritakannya). Pelaku hipnoterapi biasa disebut dengan hipnoterapis.

Dari kedua definisi di atas, dapat ditarik suatu hipotesa (suatu pernyataan yang masih perlu dibuktikan kebenarannya) bahwa seseorang psikolog belum tentu mampu melakukan hipnoterapi dan sebaliknya seorang hipnoterapis belum tentu mampu melakukan terapi yang memenuhi kaidah kaidah ilmu psikologi.

Tidak usah heran jika seorang hipnoterapis yang tidak memiliki ketertarikan yang besar terhadap ilmu ilmu psikologi, kemampuan hipnoterapinya hanya sampai sebatas menghilangkan fobia sederhana, seperti takut ulat bulu, takut kucing dsb. namun seringkali gagal dalam menangani fobia yang kompleks seperti fobia sosial, gangguan kecemasan kronis, depresi, kecanduan dsb.

Hal tersebut disebabkan akar masalah yang menjadi penyebab fobia biasanya tersamar / tersembunyi sangat dalam dan hanya dapat diurai oleh hipnoterapis yang memiliki pengetahuan klinis.

Sebaliknya psikolog yang memiliki pengetahuan klinis, namun tidak didukung dengan keterampilan hipnoterapi, menjadikan proses terapi sebagai sebuah marathon yang sangat lama dan melelahkan sehingga proses terapi berpotensi terputus ditengah jalan akibat klien terlanjur bosan dan putus asa.

Untuk itu jika Anda tertarik menjadi seorang hipnoterapis, pastikan diri Anda juga menyukai ilmu psikologi dan sebaliknya jika Anda seorang psikolog klinis, pastikan Anda memiliki kemampuan melakukan hipnoterapi.

Ingin bebas hambatan pribadi ? Klik > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

One Response to “Hipnoterapi dan Psikolog ?”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s