Bersikap Terbuka ?

26/09/2011

Tidak ada alasan untuk merasa malu terhadap kelemahan. Kita semua merasa lebih baik setelah dapat mengungkapkan perasaan kita dan tidak perlu berpura pura sebaliknya.

Anda dapat membantu dengan membagikan pengalaman Anda sendiri dan mendengarkan pengalaman anak Anda dengan penuh perhatian. Ijin secara halus dari Anda agar ia bersikap jujur dengan perasaan sedihnya, akan menguatkan harga dirinya karena mempersempit ketidak sesuaian antara diri pribadi, dengan diri mereka di mata umum.

Kita semua ingin mengakui kelebihan-kelebihan kita dan ragu untuk mengakui keterbatasan kita, tetapi kita juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang ada secara berdampingan dan saling mempengaruhi satu sama lain.

Jika Anda bertekad untuk menyembunyikan kerapuhan Anda, Anda hanya membuang-buang energi berharga karena berusaha meyakinkan orang lain bahwa semua baik baik saja.

Orang tua yang baik adalah orang tua yang berbicara pada hati anak remaja mereka, bukan pada pikirannya. Itulah kenapa Anda perlu membantu anak Anda berbagi kelemahannya.

Bantu ia menemukan kata kata yang dapat mengungkapkan apa yang ia rasakan, bukan pada apa yang ia pikirkan atau yang orang lain ingin dengar.

Jika ia pikir Anda hanya tertarik pada keberhasilannya, ia akan enggan menceritakan rasa frustrasi dan kekecewaannya.

Sumber : Dr. Neil I. Bernstein, Bagaimana Cara Membuat Anak Remaja Anda Terhindar dari Masalah dan Apa yang Harus Anda Lakukan Saat Usaha itu Gagal, 2006.

Ingin Anak Remaja Anda Berubah ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s