Membuat Anak Laki Lebih Terbuka ?

26/09/2011

Bukan rahasia lagi jika anak lelaki lebih sulit untuk mengungkapkan perasaan mereka dibanding anak perempuan.

Tetapi Anda dapat membantu melupakan peran “macho” yang membuat anak lelaki lebih sukar memperlihatkan sisi emosional mereka. Berikut ini beberapa saran :

  • Sampaikan pesan yang jelas pada putra Anda “Kamu tidak perlu sekuat batu karang Gibraltar. Tidak perlu bersikap jantan dan tahan banting sepanjang waktu. Sebenarnya tidak seorangpun berharap kau tidak memperlihatkan sisi emosi sama sekali. Pria pria dewasa kadang menangis dan itu bukan hal yang memalukan
  • Lihatlah di balik sikap marah dan macho itu, mungkin putra Anda sedang terluka dan secara tidak langsung meminta bantuan
  • Secara rutin, ingatkan anak laki-laki bahwa perasaan mereka penting. Jika mereka terlihat kesal atau menarik diri, ungkapkan kekhawatiran dan keingin-tahuan Anda. Jika mereka tidak menanggapi, cobalah untuk berbicara tentang apa pendapat mereka tentang perasaan mereka. Misalnya, jika Anda pikir putra Anda kesal mengenai kondisi jerawatnya, mungkin Anda bisa berkata, ” Aku ingat ketika berumur lima belas tahun, seluruh wajahku dipenuhi dengan jerawat. Aku takut jerawat itu tidak bakal hilang. Aku merasa sengsara.” Ini memberi kesempatan pada anak remaja Anda untuk mengatakan “Ya, aku juga.” Dan mungkin ia akan menceritakan pada Anda apa yang ia alami.
  • Perkenalkan anak anak Anda kepada orang orang yang tidak mengikuti peran konvensional menurut jenis kelamin. Misalnya caleg wanita, perawat pria, polwan dan pramugara. Para ayah dan ibu bisa juga menggoyahkan stereotipe di rumah. Ayah bisa menyiapkan makan malam dan mencuci piring; ibu menyapu daun-daunan dan memotong rumput. Dan anak-anak Anda bisa melakukan keduanya !

Sumber : Dr. Neil I. Bernstein, Bagaimana Cara Membuat Anak Remaja Anda Terhindar dari Masalah dan Apa yang Harus Anda Lakukan Saat Usaha itu Gagal, 2006.

Ingin Anak Remaja Anda Berubah ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s