Meningkatkan Inisiatif Remaja ?

26/09/2011

Penting bagi Anda membantu anak remaja Anda belajar mempercayai kemampuannya sendiri dan mengembangkan kemandiriannya sebagai bagian dari proses.

Saat anak remaja Anda mendatangi Anda dengan masalahnya, mungkin Anda tergoda untuk membereskannya.

Putri Anda menangis “Yah, aku harus mengerjakan laporan tentang Abad Pertengahan dan aku tidak tahu harus mulai dari mana.” “Ini yang harus kau lakukan,” kata Anda siap dengan suatu solusi karena Anda tidak ingin melihat dirinya berjuang. Jangan lakukan itu !

Mungkin itu solusi yang cepat, namun tidak membantu anak remaja Anda menyelesaikan masalah mereka sendiri. Bahkan mungkin itu akan membuatnya semakin bergantung pada Anda.

Jika lain kali anak Anda meminta nasihat atau bantuan Anda, tanyakan kepadanya ,”Menurutmu apa yang harus kau lakukan ?” Ini mengalihkan kembali beban pada dirinya dengan menantangnya untuk menggali ide-idenya sendiri.

Akan lebih baik jika Anda bisa menemukan paling tidak satu bidang yang dikuasai dengan baik oleh anak remaja Anda. Doronglah anak remaja Anda untuk mencoba aktivitas-aktivitas yang baru dan berbeda. Biasanya mereka akan menemukan sesuatu yang bisa mereka dalami.

Berinisiatif melakukan sesuatu, berguna untuk meningkatkan kompetensi seseorang !

Sumber : Dr. Neil I. Bernstein, Bagaimana Cara Membuat Anak Remaja Anda Terhindar dari Masalah dan Apa yang Harus Anda Lakukan Saat Usaha itu Gagal, 2006.

Ingin Anak Remaja Anda Berubah ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s