Kemandirian yang Tidak Sehat ?

27/09/2011

Sebagian remaja menegaskan kemandirian mereka melalui tindakan yang salah arah seperti mengabaikan otoritas, bertindak agresif dan melakukan tindakan negatif.

Remaja-remaja ini biasanya tidak yakin dengan dirinya sendiri, walaupun mereka menganggap tindakan tsb. sebagai ungkapan kemandirian. Seringnya mereka merasa ketakutan, bingung atau kesepian, namun pada saat yang sama berpura pura tidak merasa demikian.

Tipe motivasi ini jelas terlihat dalam diri remaja yang mengidentifikasikan diri pada kelompok-kelompok negatif seperti geng. Mereka menyatakan diri, mereka bebas namun sama bergantungnya pada teman-teman sebaya mereka seperti dulu mereka bergantung pada orang-tua mereka.

Sebagian remaja, lari dari rumah karena merasa marah dan ditolak. Mereka berlagak tidak peduli dan menuntut kebebasan. Keluhan mereka, jika saja orang-tua mengijinkan mereka tinggal jauh dari rumah, semuanya akan beres.

Di balik penampilan luar itu, tersembunyi harga diri yang rendah dan kebutuhan akan seseorang untuk tempat bergantung. Jarang sekali para remaja seperti ini dapat memiliki kemandirian yang sehat.

Sumber : Dr. Neil I. Bernstein, Bagaimana Cara Membuat Anak Remaja Anda Terhindar dari Masalah dan Apa yang Harus Anda Lakukan Saat Usaha itu Gagal, 2006.

Ingin Anak Remaja Anda Berubah ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s