Mencegah Anak Anda Terlibat Tindakan Teroris ?

27/09/2011

Tahap Adolesen (12-20) tahun merupakan tahap paling penting diantara tahap perkembangan kepribadian lainnya.

Pada tahap ini, seseorang harus mencapai tingkat identitas ego yang cukup baik karena jika tidak ybs. menjadi rentan untuk dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pada fase ini biasanya individu disibukkan dengan dirinya sendiri, ditambah aktifitas hormonal yang sangat fluktuatif, sehingga membuka peluang konflik baik yang berhubungan dengan seks, pergaulan, pekerjaan, keyakinan diri dan filsafat hidup.

Erikson melihat adolesen sebagai tahap laten sosial. Krisis identitas berupa kekacauan identitas mencapai puncaknya pada tahap adolesen ini. Mereka terus mencoba-coba cara ataupun peran baru sampai menemukan identitas ego yang mantap.

Mereka dihadapkan pada pilihan-pilihan yang membuat mereka gamang, antara dominasi orang tua yang sangat menyayangi mereka namun penuh aturan dengan nilai nilai kelompok yang cenderung longgar dan akomodatif namun beresiko. Akibatnya pihak yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman terbesar kepada remaja yang akan menang.

Disinilah keterampilan orang-tua menyampaikan “pesan” dalam bahasa anak gaul menjadi sangat penting. Jauh lebih aman dan terkendali jika rasa ingin tahu remaja tentang seks, dunia gemerlap (dugem), pacaran, merokok dsb., diperoleh dari dalam rumah ketimbang dari temannya yang tidak kita kenal.

Begitu pula dengan pengetahuan agama remaja. Jauh lebih aman jika diperoleh melalui pendampingan orang tua dibanding melalui pencarian mandiri yang sangat rentan di manipulasi oleh ideologi menyesatkan.

Untuk ini siapkan diri Anda menjadi orang-tua yang “asyik” bagi anak remaja Anda dengan secara proaktif belajar mengenai psikologi perkembangan remaja, sehingga Anda tetap dapat menyampaikan “pesan” Anda tanpa membuatnya merasa risih.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah pastikan diri Anda terbebas dari hambatan pribadi seperti mudah panik, stres, kebiasaan buruk, gampang marah dsb. sehingga Anda dapat menjadi orang tua yang efektif.

Ingin Anak Remaja Anda Berubah ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s