Remaja Mandiri yang Wajar ?

27/09/2011

Ben, mantan tetangga saya adalah seorang siswa SMU yang memiliki beberapa sahabat yang baik dan prestasi yang cukup baik.

Ia banyak menghabiskan waktu luangnya di kamar untuk mendengarkan musik, ngobrol di telpon dan membaca majalah. Orang-tuanya khawatir kalau kalau Ben terlalu mengasingkan diri, tetapi kelihatannya Ben merasa puas dengan hidupnya.

Sesekali, jika merasa lelah, ia memilih untuk tinggal di rumah, sementara kawan-kawannya pergi berakhir minggu. Yang baik dari dirinya, ia tidak merasa bahwa ia harus mengikuti arus.

Guru-guru Ben menggambarkan dirinya sebagai siswa yang gembira dan berpartisipasi aktif di kelas. Kadang ia tidak sepakat dengan ide teman-teman sekelasnya tanpa merisaukan ketidak-sepakatan itu. Ia menyelesaikan sebagian besar tugas tugasnya tanpa mengeluh, namun kadang mengakui bahwa ia membutuhkan bantuan orang tuanya untuk proyek proyek yang sulit.

Ben mulai memikirkan tentang kuliah dan telah mengirimkan beberapa lamaran atas inisiatifnya sendiri. Ia cukup banyak memikirkan tentang masa depannya dan sedang mempertimbangkan karier dibidang komputer.

Di rumah, Ben juga cukup mandiri. Ia telah belajar memasak untuk dirinya sendiri dan dapat mencuci pakaian jika perlu. Orang-tuanya merasa ia cukup bertanggung jawab sehingga patut diberikan kelonggaran jam malam akhir minggu.

Walaupun ia jarang menyalah-gunakan kebebasan ini, ia pernah pulang ke rumah dalam keadaan mabuk. Keesokan paginya, ia minta maaf kepada orang-tanya dan sepakat untuk tidak diizinkan mengemudi selama dua minggu. Kejadian itu tidak pernah terulang lagi.

Ben adalah contoh baik dari seorang remaja yang mandiri dan cukup bertanggung jawab sehingga pantas mendapatkan kepercayaan keluarga dan guru-gurunya.

Sumber : Dr. Neil I. Bernstein, Bagaimana Cara Membuat Anak Remaja Anda Terhindar dari Masalah dan Apa yang Harus Anda Lakukan Saat Usaha itu Gagal, 2006.

Ingin Anak Remaja Anda Berubah ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s