Membimbing, bukannya Mengontrol ?

28/09/2011

Kita semua tergoda untuk mengelola kehidupan anak-anak remaja kita hingga hal yang sekecil-kecilnya seperti memberi tahu kapan harus belajar, aktivitas mana yang layak diikuti dan bagaimana harus berpakaian ?

Namun demikian, setiap kali Anda menolong seorang anak, sementara ia sendiri sanggup mengerjakannya, itu berarti Anda sedang memperlambat dirinya menuju kemandirian.

Merupakan tantangan sejati untuk mengetahui seberapa banyak kita boleh campur tangan dalam masalah-masalah seperti pekerjaan rumah, dekorasi kamar atau dilema moral.

Orang orang muda sering mengundang Anda untuk turut memikul beban mereka, bertanya-tanya kenapa mereka harus bergumul dengan sesuatu yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

Jawabannya adalah bahwa jika mereka belajar untuk mengerjakan semuanya sendiri, mereka tidak akan bergantung pada orang lain. Bagi sebagian remaja, ini adalah gagasan yang sangat menakutkan.

Daripada memberi tahu anak anak Anda apa yang harus mereka lakukan, ajukan pertanyaan-pertanyaan untuk mengarahkan mereka pada serangkaian tindakan yang masuk akal.

Misal, jika putra Anda punya pilihan apakah semester depan mengambil pelajaran matematika lanjutan atau pelajaran dasar yang mudah ? Minta ia untuk mengevaluasi pro dan kontranya daripada Anda memberitahukan mana yang menurut Anda harus ia ambil.

Sumber : Dr. Neil I. Bernstein, Bagaimana Cara Membuat Anak Remaja Anda Terhindar dari Masalah dan Apa yang Harus Anda Lakukan Saat Usaha itu Gagal, 2006.

Ingin Anak Remaja Anda Berubah ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s