Mengajarkan Manajemen Diri ?

28/09/2011

Orang muda mengembangkan pola pikir tertentu saat mereka belajar mengurus diri sendiri.

Dengan setiap keberhasilan, mereka merasa lebih mudah untuk menghadapi tantangan-tantangan baru dengan antusiasme, bukannya dengan rasa takut.

Anda dapat membantu perkembangan ini dengan mendukung anak anak Anda mendefinisikan masalah-masalah yang ingin mereka bereskan dan mendukung mereka saat mereka mencobanya.

Anda akan menemukan banyak kesempatan untuk mendiskusikan prioritas-prioritas anak anak Anda bersama mereka. Mereka akan sering mengomentari tim-tim dengan siapa mereka ingin bergabung, mobil yang mereka dambakan dan universitas yang ingin mereka masuki.

Anda harus sering menyampaikan logika. Misalnya, jika anak Anda yang berumur enam belas tahun ingin masuk universitas yang baik, ia mungkin harus memilih antara keluar rumah setiap akhir minggu dengan menggunakannya untuk waktu belajar.

Masalah uang seringkali memusingkan para remaja. Mereka ingin orang tua mereka yang membayari semuanya; orang tua memberi tahu mereka bahwa uang tidak semudah itu didapat.

Kebanyakan remaja memiliki daftar barang yang mereka inginkan dan ingin dimiliki segera. Hal tsb. biasanya sangat dipengaruhi oleh tekanan dari teman sebayanya dan iklan.

Sebagian memohon, sebagian meminta; jarang sekali mereka menyerah. Cobalah untuk mengarahkan permintaan akan uang, menjadi sebuah situasi pembelajaran.

Misalnya, jika anak remaja Anda sangat “membutuhkan” Discman yang baru, katakan padanya bahwa Anda paham benda itu penting bagi dirinya, tetapi Anda tidak akan memberikannya sekarang.

Jika ia bisa menunggu hingga ulang tahunnya, tanyakan kepadanya apakah ia punya ide bagaimana cara memperoleh uang untuk mendapatkan barang tsb. Tanggapan pertamanya mungkin adalah meminjam dari Anda.

Teruslah meminta saran-saran lain. Manfaatkan kesempatan untuk mengajarkan arti menabung. Daripada menolak permintaannya, sarankan ia melakukan pekerjaan di rumah atau cara cara lain untuk mendapatkan uang tunai.

Walaupun mungkin ia enggan dengan gagasan Anda, pada akhirnya ia belajar untuk menunda pemuasan.

Sumber : Dr. Neil I. Bernstein, Bagaimana Cara Membuat Anak Remaja Anda Terhindar dari Masalah dan Apa yang Harus Anda Lakukan Saat Usaha itu Gagal, 2006.

Ingin Anak Anda Berubah  ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/mudah-panik/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s