Mengajarkan Tanggung Jawab Secara Bertahap ?

28/09/2011

Tugas-tugas, juga menyediakan kesempatan yang sama untuk mengajarkan tanggung jawab kepada anak remaja Anda.

Meskipun wajar kebanyakan remaja enggan melaksanakan tugas-tugasnya, kita perlu mengingatkan, paling tidak sesekali, bahwa tanggung jawab di rumah memiliki tujuan yang penting.

Hal itu tidak hanya berfungsi untuk memelihara keluarga, namun juga untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kerja sama tim. Saat Anda meminta anak Anda untuk mencuci piring, membersihkan kamarnya atau membuang sampah, Anda tidak perlu memaksa.

Tugas semacam itu bertujuan mempersiapkan para remaja untuk mandiri dan akan bermanfaat saat mereka harus mengerjakannya sendiri setelah dewasa nanti.

Tidak ada yang dapat menyamai pengalaman. Biarkan putri Anda ketiduran beberapa kali dan terlambat mengikuti aktifitas yang penting baginya. Biarkan pakaian kotornya menumpuk hingga tidak ada lagi yang bisa dikenakan. Biarkan piring piring kotor di bak cucian hingga tidak ada lagi gelas bersih atau “lupa” memasak makan malam atau mengisi kulkas.

Percayalah, ia akan mulai mengerti bahwa rumah tangga tidak berjalan dengan otomatis. Jika anak remaja Anda tidak memahami pesan itu, mungkin Anda tergoda untuk menyerah, tetapi saran saya agar Anda bertahan. Mungkin sulit untuk menoleransi kekacauan atau kulkas yang kosong, tetapi saya yakinkan ke Anda bahwa “jurus” yang satu ini jangan diabaikan.

Saat mengajarkan tanggung jawab kepada anak Anda, pastikan mereka mengetahui manfaat dari belajar mengurus diri sendiri. Selanjutnya, ciptakan situasi yang membuat mereka dapat melatih keahlian tsb. dan beri-tahu bahwa Anda siap mengajarkan kapanpun mereka mau.

Tentunya Anda ingin membuat jalinan antara kemandirian dengan kepercayaan Anda pada dirinya.

Sumber : Dr. Neil I. Bernstein, Bagaimana Cara Membuat Anak Remaja Anda Terhindar dari Masalah dan Apa yang Harus Anda Lakukan Saat Usaha itu Gagal, 2006.

Ingin Anak Remaja Anda Berubah ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s