Mengajarkan Tanggung Jawab Secara Rutin ?

28/09/2011

Bagi kebanyakan remaja, kemandirian itu dipelajari, bukan bawaan lahir.

Anda memberikan kepada putra dan putri Anda piranti untuk bekerja, tetapi mereka harus memanfaatkannya. Jika mereka membutuhkan bantuan Anda, anda akan memberikannya, tetapi orang-tua yang kompeten akan membiarkan seorang anak tahu mana harapan yang wajib ia penuhi.

Dengan memenuhi tanggung-jawab mereka, para remaja bersiap-siap menerima peran sebagai orang dewasa di dalam masyarakat. Ada banyak kesempatan dalam kehidupan keluarga sehari hari untuk mengajarkan tanggung jawab, misal jadwal tidur dan tugas.

Bangun tepat waktu dan pergi tidur pada jam yang masuk akal harus menjadi tanggung jawab anak remaja Anda, bukannya Anda. Pada awalnya Anda harus memonitor perilaku ini, tetapi segera menyerahkan kepada mereka begitu mereka siap.

Banyak remaja mengeluh bahwa mereka tidak bisa bangun sendiri dan membutuhkan bantuan kita, namun mereka tidak tidur semalaman begitu ada kesempatan.Saya meragukan anak remaja yang meminta bantuan, karena mereka bisa tidur pada waktunya, mereka hanya tidak menganggap tidur sebagai prioritas.

Anda bisa terjebak dalam perangkap, jika setuju untuk membangunkan anak remaja Anda di pagi hari. Ia akan berasumsi bahwa itu tugas Anda dan tidak akan mendapatkan pelajaran yang berguna.

Jika Anda ingin ia bertanggung-jawab, bersikeraslah agar ia bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Anda tidak dapat memaksanya untuk tidur sesuai dengan permintaan, tetapi Anda bisa membuat ia sudah berada di tempat tidur pada jam tertentu.

Jika ia kecapaian setiap paginya, rutinitasnya harus disesuaikan kembali dan mungkin Anda perlu turun tangan. Namun jika Anda bertindak sebagai orang yang membangunkan mereka, Anda hanya akan memperpanjang ketergantungan mereka pada Anda.

Sumber : Dr. Neil I. Bernstein, Bagaimana Cara Membuat Anak Remaja Anda Terhindar dari Masalah dan Apa yang Harus Anda Lakukan Saat Usaha itu Gagal, 2006.

Ingin Anak Remaja Anda Berubah ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s