Belajar Membuat Keputusan ?

29/09/2011

Walau sulit bagi Anda, anak Andalah yang seharusnya membuat keputusan akhir. Jika tidak, jangan heran jika ia menyalahkan Anda saat timbul masalah.

Kadang kadang Anda harus mengizinkan anak-anak Anda membuat kesalahan agar mereka bisa belajar dari kesalahan itu. Namun demikian, Andalah orang-tuanya dan Anda berhak menolak.

Jika keputusan anak Anda didasarkan pada sifat malas semata atau apa yang dilakukan teman-temannya, Anda berhak turun tangan. Hak istimewa orang tua sangat penting saat anak remaja Anda secara rutin memperlihatkan penilaian yang buruk dan tidak memikirkan dirinya sendiri.

Anda mungkin telah melihat bahwa pengambilan keputusan bisa menjadi pedang bermata dua. Disatu pihak, anak remaja Anda akan menyuruh Anda agar mengizinkan dia mengambil keputusan sendiri; dilain pihak, ia akan menyalahkan Anda karena tidak membuat keputusan untuknya.

“Mengapa Ayah/Ibu tidak mengingatkan bahwa makalahku harus diserahkan besok dan menyuruhku mengerjakannya ?” keluh mereka. Jika ini membuat Anda serba salah, anda tidak sendirian. Orang orang muda memang bertekad untuk mandiri, tetapi hanya jika hal tsb. membuat mereka merasa nyaman.

Agar dapat mandiri, anak anak Anda perlu dibantu saat pertama kali mereka mengambil keputusan. Jika mereka tidak dapat mengambil keputusan kecil yang masuk akal, maka juga tidak akan bisa mengambil keputusan besar.

Seorang remaja yang mengalami kesulitan dalam memilih pakaiannya sendiri akan sulit unutuk membuat keputusan mengenai universitas.

Gunakan naluri Anda saat memutuskan kapan harus meolong anak-anak Anda agar dapat lebih mandiri atau membujuk mereka untuk menunda keputusan-keputusan penting yang memiliki dampak ke masa depan.

Sungguh melegakan bagi banyak remaja saat orang tua mereka menetapkan batasan-batasan yang masuk akal untuk hal hal yang harus mereka lakukan. Jalan menuju kemandirian bisa jadi panjang.

Saya sarankan agar mendiskusikan perasaan Anda dengan orang tua lain yang Anda hormati dan secara bersamaan terus melakukan tindakan menjaga anak remaja agar tetap berada dijalur yang benar.

Sumber : Dr. Neil I. Bernstein, Bagaimana Cara Membuat Anak Remaja Anda Terhindar dari Masalah dan Apa yang Harus Anda Lakukan Saat Usaha itu Gagal, 2006.

Ingin Anak Remaja Anda Berubah ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s