Ketergantungan internet ?

29/09/2011

Komputer dan yang lebih penting lagi internet, telah menciptakan banyak kesempatan bagi orang muda untuk menghibur diri mereka.

Sebagian remaja memanfaatkan ini dengan baik, namun yang lainnya, tampaknya mengalami kesulitan saat menjelajahi internet-entah karena menemukan situs situs yang membosankan atau tidak senonoh, atau karena membuang buang waktu dengan surfing.

Akibatnya, Anda mungkin perlu mengawasi bagaimana mereka menghabiskan waktu. Ketergantungan yang berlebihan terhadap komputer, televisi ataupun handphone adalah pertanda buruk.

Itu berarti si remaja mungkin sedang menghindari hal hal yang perlu ia lakukan atau bahwa cakupan minatnya terlalu sempit. Yang lebih buruk lagi ia bisa jadi kecanduan pada aktifitas tersebut.

Kecanduan adalah sesuatu yang membuat seseorang tidak lagi dapat berfungsi. Jika agaknya memang demikian, Anda perlu membantu untuk mematahkan ketergantungan tsb.

Batasi waktu yang ia luangkan untuk aktifitas tersebut dan jika tidak berhasil, singkirkan piranti tsb. selama beberapa waktu. Yang Anda inginkan adalah keseimbangan.

Bagi remaja yang dapat mengembangkan berbagai macam minat dan dapat dengan nyaman meluangkan waktu sendirian, seperti halnya dengan teman teman sebayanya, tidak ada salahnya jika mereka nonton TV atau main komputer.

Sumber : Dr. Neil I. Bernstein, Bagaimana Cara Membuat Anak Remaja Anda Terhindar dari Masalah dan Apa yang Harus Anda Lakukan Saat Usaha itu Gagal, 2006.

Ingin Anak Remaja Anda Berubah ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s