Melatih Remaja Bertanggung Jawab ?

29/09/2011

Meskipun para remaja dapat menyatakan kemandirian lewat ketidak-patuhan yang sehat, indikator paling kuat dari rasa percaya diri adalah kepercayaan dan perilaku yang bertanggung jawab.

Seperti juga menerima tanggung jawab adalah landasan bagi terciptanya kemandirian, anak anak Anda akan membutuhkan kesempatan untuk dapat menunjukkannya.

Pada usia dua belas tahun, anak anak meminta untuk diturunkan di bioskop atau mal untuk bertemu teman teman mereka. Asalkan tujuan mereka aman dan sudah tidak asing lagi bagi mereka, ini adalah permintaan yang masuk akal. Jika mereka secara konsisten muncul saat dan di tempat yang mereka janjikan, Anda punya dasar untuk mempercayai mereka.

Saat remaja menjadi semakin dewasa, mereka dapat menunjukkan tanggung jawab mereka dengan mengelola studi mereka, menjaga anak-anak yang lebih muda dan berbelanja kebutuhan keluarga sehari hari; semua itu adalah titik tolak menuju kemandirian lebih lanjut.

Anda juga bisa mengizinkan mereka berbelanja pakaian mereka sendiri dan memiliki kunci rumah sendiri. Jika anak remaja Anda menghindari tanggung jawab ini atau tidak bersemangat melakukannya, mungkin mereka belum memiliki prasyarat untuk perilaku dewasa.

Remaja yang mandiri akan memelihara ikatan dengan orang orang yang dengannya ia bergantung, namun pada saat yang sama memikul tanggung jawab sendiri.

Sumber : Dr. Neil I. Bernstein, Bagaimana Cara Membuat Anak Remaja Anda Terhindar dari Masalah dan Apa yang Harus Anda Lakukan Saat Usaha itu Gagal, 2006.

Ingin Anak Remaja Anda Berubah ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s